Padang Ingin jadi Pintu Masuk Wisatawan Luar Negeri, Wagub: Saya Sudah Koordinasi dengan Kemenhub

Wakil Gubernur Sumatera Barat Audy Joinnaldy. (IST)

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Wakil Gubernur Sumatera Barat Audy Joinaldy mengatakan, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat berencana membuka kembali penerbangan Padang-Kuala Lumpur, yang dihentikan akibat pandemi COVID-19.

Saat menghadiri kegiatan Diseminasi Laporan Perekonomian Sumbar di Padang mengatakan, sudah bertemu dengan perwakilan maskapai Air Asia di Jakarta dan dalam waktu dekat akan segera diwujudkan.

Wagub mengatakan sudah membahas persiapan dengan pemangku kepentingan terkait, mulai dari pihak otoritas bandara, imigrasi, karantina hingga Dinas Kesehatan.

Menurutnya ada tujuh entri poin tempat masuk wisatawan dari luar ke Indonesia yaitu Jakarta, Bali, NTB, Manado, Surabaya, Batam, dan Tanjung Pinang. “Padang ingin menjadi entri poin ke delapan dan saya juga sudah berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan untuk meminta arahan,” katanya.

Ia berharap dengan dibuka kembali penerbangan maka wisatawan dari Malaysia akan kembali berkunjung ke Indonesia .

Dari data Badan Pusat Statistik (BPS) Sumatera Barat tercatat sebanyak 61.131 wisatawan asing berkunjung ke Sumatera Barat pada 2019 atau mengalami kenaikan 3,33 persen dibandingkan 2018 yang hanya 54.383 orang.

“Dari 61.131 wisatawan asing yang berkunjung ke Sumbar paling banyak berasal dari Malaysia mencapai 46.730 orang,” ujarnya. (*/rdr)

Exit mobile version