Ilmuwan Temukan Cumi-cumi Bermata Alien di Amerika

Penampakan cumi-cumi bermata alien. (net)

JAKARTA, RADARSUMBAR.COM – Dunia bawah laut menyimpan banyak misteri. Baru-baru ini ilmuwan menemukan cumi-cumi bermata hijau besar, seperti alien dalam film fiksi ilmiah.

Bayangkanlah sesosok alien di film fiksi ilmiah dengan mata hijau besar. Itulah keanehan yang dijumpai ilmuwan yang menemukan cumi-cumi stroberi (Histioteuthis heteropsis) di zona remang-remang bawah laut, di lepas pantai California, Amerika Serikat. Zona remang-remang adalah bagian laut yang cukup dalam, dimana cahaya matahari hampir tidak bisa menembusnya

Hewan aneh ini ditemukan tim ilmuwan dari Monterey Bay Aquarium Research Institute (MBARI) bulan lalu. Kepada Live Science mereka mengatakan penemuan ini tidak disangka dan mengejutkan.

Bruce Robison, ilmuwan senior dari MBARI mengatakan sebenarnya mereka sedang meneliti Monterey Canyon, sebuah ngarai bawah laut di pantai barat Amerika. Mereka menggunakan robot kapal selam (ROV) yang dinamai Doc Ricketts.

Cumi-cumi dengan mata alien ini panjangnya cuma 13 cm. Dia ditemukan di kedalaman 725 meter di Monterey Canyon. Menurut tim, cumi-cumi ini punya 1 mata besar warna hijau dan 1 mata kecil. Mata besar warna hijau ini diduga untuk mendeteksi mangsa di dalam gelapnya lautan.

Cumi-cumi jenis ini sebenarnya punya 2 bentuk mata yang sama saat masih kecil. Namun ketika dewasa, mata kirinya seperti membengkak dan jadi aneh seperti mata alien.

“Cumi-cumi ini menggulung tentakelnya kalau mau berenang pelan. Tapi kalau mau bergerak cepat dia menyemburkan air lewat organ siphon (selang) yang dimilikinya,” kata Robison dilansir dari Live Science, Senin (4/4/2022). (rdr/detik.com)

Exit mobile version