26 Titik Jalan di Sumbar Rusak, Dirlantas Polda Sumbar Imbau Pemudik Berhati-hati

Dirlantas Polda Sumbar, Kombes Pol Hilman Wijaya. (IST)

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Mudik Lebaran tahun ini, diprediksi bakal lebih ramai dibandingkan dari dua tahun sebelum karena pandemi COVID-19.

Untuk wilayah Sumatera Barat (Sumbar), Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Sumbar tidak memberlakukan sistem one way atau skema lalu lintas satu arah, seperti yang digelar di kota-kota besar lainnya di Indonesia.

Dirlantas Polda Sumbar, Kombes Pol Hilman Wijaya, menjelaskan, tidak adanya pemberlakuan skema lalu lintas satu arah, disebabkan kondisi jalan di Sumbar tidak memadai untuk diberlakukannya sistem tersebut.

“Sistem one way tidak mungkin diberlakukan di daerah ini (Sumbar). Jalan di daerah kita belum bisa menampung banyaknya volume kendaraan,” terang Hilman, Kamis (21/4/2022). Selain jalan yang tidak besar, kondisi jalan di Sumbar cukup banyak yang mengalami kerusakan.

Dari pengecekan lapangan yang dilakukan jajarannya, Hilman menyebut, jumlah jalan rusak di Sumbar terdapat di 26 lokasi yang tersebar di hampir sebagian besar daerah di Sumbar. Kemudian, juga terdapat 46 lokasi rawan macet yang bakal terjadi selama arus mudik Lebaran nanti di Sumbar.

Ia berharap, para pemudik lebih berhati-hati menyikapi kondisi ini saat berkendara. “Semoga pemudik selamat sampai tujuan dan selalu mematuhi rambu-rambu lalu lintas,” ujarnya. (rdr-007)

26 lokasi jalan rusak:

1. Bukittinggi 2 lokasi
2. Limapuluh Kota 4 lokasi
3. Pasaman Barat 2 lokasi
4. Agam 2 lokasi
5. Padangpanjang 2 lokasi
6. Tanahdatar 2 lokasi
7. Kota Pariaman 1 lokasi
8. Mentawai 4 lokasi
9. Dharmasraya 2 lokasi
10. Sijunjung 2 lokasi
11. Sawahlunto 1 lokasi
12. Kabupaten Solok 1 lokasi
13. Kota Solok 2 lokasi
14. Payakumbuh 1 lokasi

46 lokasi rawan macet:

1. Bukittinggi 11 lokasi
2. Agam 3 lokasi
3. Padangpanjang 3 lokasi
4. Tanahdatar 2 lokasi
5. Kota Pariaman 2 lokasi
6. Padangpariaman 2 lokasi
7. Kota Padang 9 lokasi
8. Mentawai 2 lokasi
9. Pessel 2 lokasi
10. Sijunjung 4 lokasi
11. Sawahlunto 2 lokasi
12. Kota Solok 2 lokasi
13. Payakumbuh 1 lokasi

Exit mobile version