KAI Sumbar Tambah Kereta pada KA Sibinuang selama Lebaran, Tiket Bisa Dipesan lebih Awal

Loket pemeriksaan tiket PT KAI Divre II Sumbar. (IST)

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Angkutan Lebaran Kereta Api pada 28 April 2022 ini telah memasuki masa H-4 Lebaran. PT Kereta Api Indonesia Divre II Sumatera Barat terus mengingatkan kembali kepada seluruh pelanggan agar dapat melakukan pemesanan tiket sejak dini.

Agar perjalanan menjadi nyaman dan mematuhi syarat-syarat naik kereta api menjelang berlangsungnya puncak arus mudik pada 30 April atau H-2 Lebaran.

Vice President PT Kereta Api Indonesia Divre II Sumatera Barat Mohamad Arie Fathurrochman mengungkapkan, KAI telah menetapkan masa Angkutan Lebaran yaitu H-10 sampai dengan H+10 Lebaran atau 22 April-13 Mei 2022.

“Kami menyarankan agar masyarakat yang akan menggunakan moda transportasi kereta api dapat melakukan pemesanan tiket mulai H-7 sebelum keberangkatan melalui aplikasi KAI Access untuk memastikan ketersediaan tiket sehingga perjalanan menjadi lebih mudah, nyaman, dan menghindari antrean di loket,” sebutnya.

Arie Fathurrochman menjelaskan, hingga hari ke-6 masa angkutan Lebaran 2022, Rabu (27/4/2022), tercatat 15.271 penumpang menggunakan moda transportasi kereta api di wilayah Divre II Sumatera Barat.

Pada periode masa angkutan Lebaran tahun 2022 ini, PT KAI Divre II Sumatera Barat masih mendapatkan kepercayaan penugasan dari pemerintah melalui Ditjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan untuk menjalankan KA Perintis Minangkabau Ekspres dan KA Lembah Anai.

Serta mengoperasikan KA Lokal Sibinuang yang merupakan kereta subsidi Public Service Obligation (PSO) yang dapat melayani masyarakat dengan tarif yang terjangkau.

“Untuk rute perjalanan KA Perintis Minangkabau Ekspres melayani relasi Pulau Aie – Padang – Bandara Internasional Minangkabau (PP), Kereta Api Perintis Lembah Anai relasi Kayu Tanam – Duku – Bandara Internasional Minangkabau (PP), dan KA Lokal Sibinuang melayani relasi Padang – Pariaman – Naras (PP),” jelasnya.

Mohamad Arie Fathurrochman juga mengungkapkan, total setiap harinya KAI Divre II Sumatera Barat akan mengoperasikan 26 perjalanan KA dengan rincian: 12 Perjalanan KA Minangkabau Ekspres, 6 Perjalanan KA Lembah Anai, dan 8 Perjalanan KA Sibinuang.

“Untuk perjalanan KA penumpang di Wilayah Divre II Sumatera Barat, KAI menyediakan rata-rata 6.604 tiket KA per hari untuk mengantisipasi kebutuhan dari masyarakat yang akan bepergian,” ungkapnya.

Lebih lanjut ia mengatakan KAI pada masa angkutan Lebaran ini melakukan penambahan 2 buah kereta pada KA Sibinuang yang merupakan KA favorit masyarakat untuk berlebaran atau berliburan ke Pariaman.

Arie menambahkan, KAI dalam rangka menghadapi angkutan Lebaran ini pula telah melakukan berbagai kesiapan ekstra baik pada sarana, prasarana, maupun sumber daya manusia.

“Para petugas KAI juga terus dipersiapkan untuk mewujudkan keamanan dan keselamatan perjalanan kereta api,” tuturnya.

“Kami juga berpesan kepada pelanggan untuk tidak membawa barang bawaan berlebih atau barang berharga yang terlalu mencolok, serta agar mengalokasikan waktu yang cukup saat menuju ke stasiun keberangkatan supaya tidak tertinggal keretanya,” katanya. (*/rdr)

Exit mobile version