Kiat Efektif agar Rumah Tetap Aman saat Ditinggal Berlibur

Rumah KPR

ilustrasi

RADARSUMBAR.COM – Membeli hunian pribadi bukan sekadar soal persiapan uang muka dan pengajuan KPR. Untuk urusan tersebut, tentu Anda sudah tak bingung lagi sebab ada situs rumah123 yang selalu sigap membantu Anda. Situs jual beli properti terpopuler se-Indonesia tersebut siap memfasilitasi pencarian rumah sewaan terbaik sesuai bujet dan kebutuhan. Nantinya, Anda tinggal melakukan survei secara cermat sebelum menentukan hunian yang hendak Anda sewa.

Lokasi memang sangat berpengaruh terhadap sisi keamanan hunian Anda. Permukiman padat penduduk dengan sistem keamanan ketat memberikan proteksi menyeluruh bagi lingkungan tempat tinggal. Kendati demikian, Anda tetap harus cermat menjaga keamanan rumah setiap saat, terutama ketika hendak pergi berlibur. Kalau Anda sekeluarga termasuk orang yang sering bepergian lama pada musim liburan sekolah atau akhir tahun, berarti Anda akan meninggalkan rumah dalam keadaan kosong. Alangkah lebih baik bila Anda melakukan beberapa kiat efektif ini supaya rumah senantiasa aman hingga Anda kembali:

Matikan Aliran Listrik, dan Air yang Tak Terpakai

Langkah pertama yang patut dilakukan bila akan meninggalkan rumah untuk berlibur adalah matikan aliran listrik dan air yang tak terpakai. Cabutlah seluruh perangkat elektronik, selang gas LPG, dan hentikan aliran air di dalam rumah. Tindakan sederhana ini penting untuk mengurangi risiko korsleting listrik atau kebocoran saluran air. Aliran listrik dan air hanya dibutuhkan di luar rumah bila ada yang membantu Anda membersihkan teras selama rumah kosong.

Simpan Barang Berharga di Tempat Aman

Beberapa barang berharga seperti emas dan surat-surat penting tak boleh dibiarkan begitu saja bila jika Anda ingin meninggalkan rumah dalam keadaan kosong. Barang-barang tersebut patut diletakkan di tempat yang aman, misalnya brankas. Penyimpanan yang tepat akan menghindarkan barang-barang tersebut dari risiko pencurian atau kerusakan akibat bencana alam. Kalau Anda tidak memiliki tempat penyimpanan yang memadai di rumah, tak ada salahnya mempertimbangkan penggunaan safety box di bank sebagai solusi.

Kunci Rapat Semua Pintu dan Jendela

Rencana berlibur dalam waktu lama membuat Anda harus ekstra cermat mengunci rapat seluruh pintu dan jendela di rumah. Kalau ada kunci pintu atau jendela yang rusak, sebaiknya Anda bergegas memperbaikinya sejak jauh hari. Perbaikan tersebut membuat Anda dapat mengunci semua pintu dan jendela secara mudah menjelang keberangkatan liburan. Letakkan seluruh kunci secara menyatu dalam satu rangkaian agar tidak ada yang tercecer ketika dibawa.

Gunakan Lampu Teras dengan Sensor Otomatis

Hal lainnya yang tak kalah penting adalah memasang lampu teras dengan sensor otomatis. Pada umumnya, orang memilih menyalakan lampu teras sepanjang hari ketika rumah kosong. Sayangnya, hal tersebut berisiko karena kondisi rumah yang kosong jadi mudah diidentifikasi pencuri. Sebaiknya Anda memasang lampu teras dengan sistem sensor otomatis yang akan langsung menyala ketika hari mulai gelap. Dengan demikian, orang asing tidak mudah mengetahui kalau rumah Anda sedang kosong.

Pasang Gembok Pagar dari Dalam

Kesalahan kecil yang kerap dilakukan orang saat ingin meninggalkan rumah dalam waktu lama adalah memasang gembok pagar dari dalam. Hal ini memang mempermudah Anda saat memasang dan melepas gembok tersebut. Sayangnya, memasang gembok pagar dari luar juga menunjukkan kalau rumah sedang tidak berpenghuni. Sebagai gantinya, pasanglah gembok dari dalam pagar untuk menyamarkan situasi rumah yang kosong.

Pasang Alarm di Pintu Masuk

Cara efektif lainnya yang patut Anda lakukan ketika hendak berlibur dalam waktu lama adalah memasang alarm di pintu masuk. Alarm tersebut akan berbunyi bila ada orang yang masuk secara sembarangan saat rumah kosong. Bunyi alarm yang kencang akan mengejutkan warga di sekitar rumah Anda sehingga tindakan antisipasi bisa langsung dilakukan.

Titipkan Hewan Peliharaan saat Berlibur

Tak dapat dipungkiri kalau Anda yang punya hewan peliharaan sering merasa tak tenang bila harus meninggalkannya sendirian dalam waktu lama. Bahkan, hewan peliharaan seperti anjing dan kucing bisa jadi korban perundungan oleh pihak tak bertanggung jawab yang merasa terganggu dengan suaranya. Untuk mengantisipasi hal tersebut, Anda patut menitipkan hewan peliharaan ke tempat yang tepat sebelum berlibur. Lakukan survei tersebut dahulu ke tempat penitipan hewan untuk memastikan bahwa kondisi dan pelayanannya akan membuat hewan peliharaan merasa nyaman.

Beri Tahu Tetangga dan Staf Keamanan Setempat

Tak ada salahnya bila Anda memberitahukan rencana liburan kepada tetangga terdekat dan staf keamanan setempat. Nantinya, tetangga dan staf keamanan akan memberikan perhatian ekstra pada rumah Anda yang sedang kosong. Risiko pencurian di rumah pun jadi semakin kecil kalau masyarakat setempat senantiasa berjaga-jaga.

Manfaatkan Kamera CCTV untuk Memantau Rumah dari Jauh

Satu lagi persiapan yang wajib diperhatikan sewaktu hendak pergi berlibur adalah memasang kamera CCTV. Saat ini, perkembangan teknologi kamera CCTV sangat pesat sehingga kualitas tayangan yang dihasilkan semakin memuaskan. Anda bisa memilih kamera CCTV berwarna dan beresolusi tinggi lalu menempatkannya pada posisi yang tepat di sekitar rumah. Bahkan, Anda juga bisa mengamati situasi rumah secara tepat waktu (real time) karena kamera CCTV bisa diintegrasikan dengan smartphone. Solusi ini tentu membuat Anda lebih tenang meninggalkan rumah dalam waktu lama.

Jadi, sudahkah Anda menyusun rencana liburan dengan matang?

Lingkungan rumah yang aman serta persiapan pribadi yang memadai membuat liburan makin menyenangkan tanpa harus mengkhawatirkan keadaan rumah.

Exit mobile version