Ulasan Infinix Note 30 Pro: Desain Menawan dan Performa Kelas Atas untuk Pengguna Modern

Infinix Note 30 Pro. (dok. istimewa)

Infinix Note 30 Pro. (dok. istimewa)

TEKNO, RADARSUMBAR.COM – Produk-produk baru dalam pasar smartphone terus menampilkan kecanggihan dan performa yang menakjubkan. Salah satunya datang dari Infinix yang telah hadir berbeda tidak seperti seri Note 2023, yakni Note 30 Pro.

Bukanya melanjutkan Infinix Note 12, kini hadir dengan brand Infinix Note 30. Dari model tersebut terdapat 4 tipe yang memiliki spesifikasi dan harga yang berbeda, seperti Infinix Note 30 4G, Infinix Note 30 5G, Infinix Note 30i, dan Infinix Note 30 Pro.

Pada seri Infinix Note 30 sendiri, Infinix Note 30 Pro sangat menarik karena menawarkan fitur canggih dengan harga menengah.

Harga Infinix Note 30 Pro yang tergolong murah dengan spesifikasi yang ditanam, menjadikan ponsel menarik untuk dibedah. Dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa keunggulan, diantaranya adalah:

Kelebihan Infinix Note 30 Pro

Banyak parameter yang terbawa dari generasi sebelumnya yakni Infinix Note 12 Pro. Meski begitu, Infinix telah menambahkan banyak fitur baru yang belum pernah dimiliki seri Infinix Note sebelumnya. Lalu apa saja fitur-fitur baru tersebut?

  1. Perubahan desain yang menyegarkan, sertifikasi IP53

Berbeda dengan Infinix Note 12 Pro yang memiliki desain kamera berbentuk lingkaran, Infinix Note 30 Pro kini memiliki kamera berbentuk persegi. Namun Infinix menawarkan sentuhan berbeda. Desain perseginya dibuat lebih besar melebihi setengah dari bodi.

Desainnya datar, gagangnya rata, namun dengan tepian agak melengkung sehingga tidak runcing ketika disentuh. Di bagian atas dan bawah layar, bezel nya hanya berukuran 2,3 mm, sedangkan bezel di kiri dan kanannya hanya berukuran 1,4 mm.

Infinix mengklaim rasio screen-to-body ponsel ini tinggi yakni 93,3%. Infinix Note 30 Pro juga menjadi seri Note pertama yang menggunakan material kaca pada bagian belakangnya sehingga memberikan nuansa mewah dan premium yang tidak terdapat pada ponsel berbahan plastik polikarbonat.

Menariknya lagi, perangkat tersebut sudah bersertifikat IP53 sehingga tahan terhadap debu dan air (seperti kabut dan tetesan air).

  1. Performa lebih cepat di Helio G99

Helio G99 merupakan chipset besutan MediaTek yang ditujukan untuk kelas harga menengah. Fabrikasinya 6nm menjadikannya salah satu yang terkuat di antara seri Helio G lainnya. Smartphone pertama yang memperkenalkan Helio G99 adalah Tecno POVA 4 Pro.

Meski hanya mendukung seluler 4G LTE, performa Helio G99 tidak kalah dengan banyak SoC Dimensity yang mendukung 5G.

Secara internal, SoC ini menggunakan dua core Cortex A76 (2,2 GHz) berperforma tinggi yang dipasangkan dengan core Cortex A55 (2,0 GHz) berperforma tinggi.

Infinix Note 30 Pro berjalan pada sistem operasi Android 13 saat dirilis, menggunakan antarmuka XOS 13 untuk konfigurasi memori, perangkat menawarkan RAM LPPDR4X 8 GB dan dua pilihan penyimpanan yakni 128 GB dan 256 GB (UFS 2.2).

RAM yang dimiliki smartphone bisa diupgrade hingga 8 GB, sehingga total RAM yang dimiliki bisa mencapai 16 GB.

  1. Tampilan layar AMOLED bagus, dengan refresh rate 120Hz

Tidak ada perubahan dari Infinix Note 12 Pro, perangkat ini menawarkan layar Full HD + AMOLED 6,78 inci di Infinix Note 30 Pro. Layar jenis ini lebih unggul dari IPS LCD, yaitu kepadatan daya lebih tinggi dan daya lebih tinggi.

Dari segi kualitas tampilan, Infinix Note 30 Pro menawarkan dukungan miliaran warna dan kecerahan maksimal hingga 900 nits. Panel AMOLED ini juga mendukung refresh rate 120Hz, 2x lebih mulus dibandingkan aslinya 60Hz.

Jika kamu ingin menghemat baterai sekaligus menjaga kelancaran pergerakan layar, kamu bisa memilih opsi 90Hz di tengahnya. Layar Infinix Note 30 Pro menawarkan kedalaman warna 10-bit dan gamut warna DCI P3 100%.

Saat menggunakan smartphone di malam hari, sebaiknya gunakan tingkat kecerahan yang rendah agar tidak menyilaukan. Hal tersebut tidak terjadi pada Infinix Note 30 Pro yang mendukung teknologi PWM (pulse width modulation) pada 1920 Hz.

Untuk menjaga kenyamanan dan kesehatan mata, Infinix membekali ponsel ini dengan layanan perawatan mata.

Tujuannya untuk mengurangi sinar biru yang dapat membahayakan mata. Hadirnya sertifikasi TÜV Rheinland pada layar juga memastikan tampilan layar tetap aman dan sehat.

Terakhir, layarnya mampu memberikan respon sentuhan yang tinggi karena mendukung touch rate 360Hz. Berdasarkan pengujian Valor Review, layar tetap terang meski di bawah terik sinar matahari. Selain itu akurasi warnanya juga bagus.

  1. Kamera jumbo beresolusi 108 MP

Infinix Note 30 Pro memiliki pengaturan tiga kamera dengan sensor sudut lebar 108 MP, sensor kedalaman 2 MP, dan kamera QVGA. Kamera utamanya menggunakan filter cahaya 9-in-1 untuk menghasilkan hasil gambar 12MP.

Foto yang dihasilkan akan tampak lebih penuh dan cerah karena lebih banyak menyerap cahaya. Di bagian atas layar terdapat kamera depan 32 MP yang bisa digunakan untuk selfie, vlog, dan video call. Kamera belakang dan depannya mendukung resolusi perekaman video hingga 1440@30 FPS.

Resolusi ini lebih tinggi dari 1080p yang umumnya didukung oleh banyak ponsel lain sehingga mampu menghasilkan video yang tajam. Sebagian besar fitur kamera ponsel ini bisa merekam menggunakan kamera depan dan belakang secara bersamaan dengan fitur video kedua.

Anda juga dapat mengubah suasana foto langit dan lanskap, dengan banyak preset yang dapat dipilih. Melihat hasil pengujian kamera dan video kamu bisa merasakan kestabilan yang bekerja dengan baik pada hasil rekaman kamera belakang dan depan.

  1. Baterai tahan lama 5000mAh + pengisian cepat 68W

Pada smartphone jaman sekarang baterai berkapasitas 5000 mAh merupakan hal yang umum. Begitu juga dengan Infinix Note 30 Pro. Kemampuan tersebut tidak berubah dibandingkan beberapa seri sebelumnya yakni Infinix Note 12 Pro.

Tapi perbedaanya terletak pada fitur fast charging 68W yang diklaim mampu mengisi baterai hingga 80% dalam waktu 30 menit.

Fitur pengisian daya pada ponsel ini juga banyak, salah satunya adalah pengisian daya yang dapat mengisi daya ponsel langsung dari sumber listrik, bukan dari baterai.

Infinix mengklaim ponsel ini mampu 25% lebih lama dibandingkan ponsel lain pada umumnya. Dengan memajang charger 68W di kotak penjualan, pengguna tidak perlu mengeluarkan biaya ekstra untuk membeli charger terpisah.

Pengisi daya ini mendukung USB Power Delivery 3.0, sehingga juga mendukung perangkat lain seperti laptop dan konsol game. Selain itu, teknologi cerdas E-IQ dapat menjaga ponsel ini tetap aman meski diisi dayanya semalaman.

Metode ini melibatkan pengisian baterai hingga 80% di malam hari, dan mengembalikannya ke 100% sesaat sebelum bangun tidur.

Hal ini untuk menghindari masalah terkait kelebihan beban. Daya tahan baterai yang lama berkat penggunaan AMOLED dan chipset hemat daya. Tertarik? langsung saja di check out! (rdr)

Exit mobile version