Robin Hood Indonesia Hadir di Google Doodle Hari Ini, Siapa Dia?

Dalam keterangannya, Google menuliskan Donald merupakan pemanah tanah air. Dia memiliki julukan Robin Hood of Indonesia.

Donald Pandiangan di google doodle hari ini

Donald Pandiangan di google doodle hari ini

JAKARTA, RADARSUMBAR.COM – Google hari ini menampilkan Donald Pandiangan dengan salah satu gambarnya menampilkan olah raga panah.

Lalu siapa sosok yang jadi Google Doodle hari ini? Dalam keterangannya, Google menuliskan Donald merupakan pemanah tanah air. Dia memiliki julukan Robin Hood of Indonesia.

Donald yang bercita-cita sebagai insinyur pernah bekerja di perusahaan transportasi. Di sanalah, Google mencatat sang Robin Hood menerima hadiah set panahan.

“Meski memulainya di usia 25 tahun, Pandiangan jatuh cinta dengan olahraga tersebut dan berlatih tanpa lelah,” tulis Google, dikutip Senin (12/12/2022).

Tahun 1973, Donald berhasil menyabet medali emas pertama pada Pekan Olahraga Nasional VII. Berselang empat tahun, dia memecahkan rekor dunia pada Recurve 70m di PON IX 1977 Jakarta.

Prestasi menggembirakan tak sampai situ saja. Di ajang SEA Games, Donald juga tercatat menyumbang hingga 20 medali emas.

Donald pernah hampir bertanding di Olimpiade Musim Panas Moskow. Namun akhirnya batal karena Indonesia memboikot gelaran itu. Beberapa tahun kemudian, Donald beralih menjadi pelatih tim panahan.

Tim wanita yang dikawalnya berisi Lilies Handayani, Nurfitriyana Saiman, dan Kusuma Wardhani pada ajang Olimpiade Musim Panas 1988 di Seoul.

Kala itu tim panahan wanita berhasil mendapatkan medali perak. Capaian tersebut menjadi yang pertama di Indonesia.

Tepat 12 Desember 2022 hari ini, Donald merayakan ulang tahunnya ke-77 tahun. Dia lahir di Sidikalang Sumatera dan meninggal 14 tahun lalu, pada 20 Agustus 2008 di Jakarta.

Kisah Donald ini juga sempat dilayarlebarkan dengan judul ‘Tiga Srikandi’ yang diperankan oleh Reza Rahadian, Bunga Citra Lestari, Chelsea Islan dan Tara Basro. (rdr/cnbc)

Exit mobile version