Biro Adpim Sumbar Perkuat Kekompakan dan Kinerja

Capacity building Biro Administrasi Pimpinan Sumbar. (Foto: Dok. Adpim)

Capacity building Biro Administrasi Pimpinan Sumbar. (Foto: Dok. Adpim)

LUBUK BASUNG, RADARSUMBAR.COM – Demi memperkuat kekompakan di lingkungan internal, Biro Administrasi Pimpinan (Biro Adpim) Sekretariat Daerah (Setda) Sumatera Barat (Sumbar) menggelar kegiatan Capacity Building.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Gubernur Sumbar yang diwakili Asisten Administrasi Umum, Andri Yulika.

Dalam sambutannya, Andri Yulika mengingatkan perlunya peningkatan kapasitas bagi setiap aparatur pemerintah di tengah tantangan zaman yang semakin dinamis.

Bukan hanya terkait urusan teknis, tapi juga perihal komunikasi dan kolaborasi dalam artian luas, baik secara internal maupun eksternal.

“Tantangan ke depan akan semakin berat, aparatur dituntut untuk bisa lebih adaptif dan prediktif dalam menjalankan roda pemerintah. Memang itu tidak mudah, tapi bukan berarti tidak bisa, sangat mungkin itu tercapai, jika soliditas dan kolaborasi seluruh lini dapat berjalan secara optimal,” kata Andri Yulika saat membuka kegiatan di Sikabu, Kecamatan IV Koto, Kabupaten Agam, Selasa (20/8/2024) malam.

Kekompakan antar personil di Biro Adpim, katanya, harus selalu terjaga. Sebab, salah satu tugas pokok instansinya adalah menfasilitasi kelancaran pelaksanaan tugas kepala daerah.

“Sukses atau tidaknya kegiatan pimpinan berkaitan erat dengan optimalisasi pelaksanaan tugas di Biro Adpim. Jadi karena fungsinya sangat strategis, maka kekompakan antar personil di Adpim mesti senantiasa terjaga,” katanya.

Selama pelaksanaan program capacity building ini, Andri Yulika mengajak seluruh personil di Biro Adpim untuk saling mengisi dan mengasah satu sama lain agar tujuan organisasi menjadi semakin cepat terealisasi.

Sementara itu Kepala Biro Adpim, Mursalim mengatakan, salah satu tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk memperkuat kekompakan dan kinerja seluruh personel, baik secara individu maupun kelembagaan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ia pimpin.

“Harapan kami, melalui kegiatan ini, kolaborasi dan harmonisasi seluruh personil menjadi semakin meningkat, baik yang berstatus Aparatur Sipil Negara (ASN) maupun non-ASN. Semuanya, mesti bersinergi untuk mengimplementasikan tujuan organisasi,” katanya.

Kegiatan Capacity Building yang bertema ‘Semakin Menyatu dalam Sinergi yang Kuat untuk Mencapai Keunggulan Bersama’ ini diikuti oleh 75 peserta yang berlangsung selama tiga hari.

“Kegiatan ini kami selenggarakan selama 3 hari, mulai tanggal 20 hingga 22 Agustus 2024,” tuturnya. (rdr)

Exit mobile version