Minantu Urang Minang, Pratama Arhan jadi Kunci Kemenangan Indonesia U-23 saat Lawan Korsel, Andre Rosiade : Seluruh Pemain Timnas Luar Biasa

Pahlawannya bukan hanya Arhan, tapi seluruh pemain timnas, seluruh jajaran pelatih, ofisial, manajemen dan suporter langsung, bersuara dari awal sampai akhir.

Andre Rosiade bersama anaknya Azizah Shalsa dan sang menantu Pratama Arhan usai laga melawan Korsel U-23 di Piala Asia U-23 2024 Qatar. (dok. istimewa)

Andre Rosiade bersama anaknya Azizah Shalsa dan sang menantu Pratama Arhan usai laga melawan Korsel U-23 di Piala Asia U-23 2024 Qatar. (dok. istimewa)

JAKARTA, RADARSUMBAR.COM – Bek Tim Nasional (Timnas) Indonesia, Pratama Arhan sukses menumbangkan Korea Selatan dalam babak perempat final Piala Asia U-23 yang dilaksanakan pada Jumat (26/4/2024) dini hari lalu.

Sumando Urang Minang itu menjadi penendang terakhir Timnas Indonesia U-23 dalam adu penalti dengan skor 2(11) – 2(10) di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar.

Pada pertandingan tersebut, Timnas Indonesia U-23 tidak hanya memastikan lolos ke babak semifinal tapi juga menghentikan ambisi Korea Selatan untuk berlaga di Olimpiade 2024 Paris.

Kiper Ernando Ari berhasil menghalau tendangan Lee Kang-hee di tendangan ke-12 Korea Selatan U-23. Pratama Arhan yang maju menjadi algojo penalti untuk kedua kalinya berhasil menyarangkan gol ke gawang Baek Jong-bum sekaligus memastikan kemenangan Timnas Indonesia U-23.

Mertua Pratama Arhan, H Andre Rosiade dan istrinya Azizah Salsha juga langsung hadir memberikan dukungan langsung bagi pemain Suwon FC tersebut.

“Berasa main di kandang sendiri. Hampir delapan ribu penonton Indonesia memenuhi stadion. Ini yang salah satu memicu semangat anak-anak bertarung luar biasa, tak gentar dan tidak kalah dengan raksasa Asia seperti Korea,” kata Andre Rosiade usai pertandingan.

Namun dalam laga tersebut, Andre Rosiade harus meninggalkan Doha, Qatar karena urusan pekerjaan. Namun anaknya yang juga istri Pratama Arhan, Azizah Salsha tetap hadir mendukung sang suami.

Andre Rosiade berjanji akan kembali ketika Timnas Indonesia bermain di babak semifinal. Meskipun sang menantu menjadi kunci kemenangan Timnas Indonesia U-23, politisi Partai Gerindra ini tetap memberikan kredit pada Timnas Indonesia U-23 secara keseluruhan.

“Yah. Alhamdulillah Arhan dan pemain timnas perlu kami apresiasi, bukan hanya Arhan saja, tapi juga seluruh pemain timnas bermain luar biasa dengan mental luar biasa,” kata Anggota DPR RI asal Sumatera Barat (Sumbar) tersebut.

Bukan hanya Timnas saja, Andre Rosiade mengaku suasana di venue sudah seperti kandang Timnas Indonesia U-23.

Ia yakin semangat suporter yang menyaksikan langsung serta doa jutaan masyarakat Indonesia mampu memberikan kekuatan tambahan pada Marselino Ferdinan cs.

“Pahlawannya bukan hanya Arhan, tapi seluruh pemain timnas, seluruh jajaran pelatih, ofisial, manajemen dan suporter langsung, bersuara dari awal sampai akhir, kalau tadi nonton di Doha sudah seperti nonton Indonesia di GBK,” kata Andre Rosiade.

Kini, Penasihat Tim Semen Padang FC itu mengakui Timnas Indonesia U-23 sudah bisa bermain lebih lepas karena seluruh target sudah terpenuhi.

Tidak sampai di sana, Andre Rosiade mengatakan, Timnas Indonesia berpeluang besar meraih tiket Olimpiade 2024 Paris, sesuatu yang tak pernah masuk dalam rencana sepak bola Indonesia selama ini.

“Kalau dari target sudah memenuhi, target PSSI sudah cukup 8 besar dan semifinal. Pelatih Shin Tae-yong (STY) pun hanya semifinal, tapi tentu ini sudah di depan mata, peluang kita untuk tampil di Olimpiade,” kata Andre.

Setelah ini, Timnas Indonesia U-23 akan bertanding di babak semifinal yang berlangsung di Stadion Abdullah Bin Khalifa, Senin (29/4/2024).

Timnas Indonesia U-23 menghadapi Uzbekistan yang menang usai melawan Arab Saudi dengan skor 2-0 di Stadion Internasional Khalifa, Jumat (26/4/2024) malam.

“Harapannya ini sudah diujung, pemain harus lebih semangat lagi,ada kesempatan indonesia tampil pertama kali di Olimpiade, pemain tambah semangat, gacor, luar biasa lagi, sehingga kita bisa lolos ke final dan mengunci tiket Olimpiade 2024,” tutur Ketua DPD Gerindra Sumbar tersebut. (rdr)

Exit mobile version