Bermain dengan 10 Orang, Timnas Indonesia Tumbang dari Irak

Timnas Imdonesia kalah dengan skor 0-2 dan Jordi Amat harus mendapat kartu merah.

BOLA, RADARSUMBAR.COM – Timnas Indonesia tumbang dari Irak dengan skor 0-2 pada laga lanjutan Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Kamis (6/6/2024).

Irak mengambil inisiatif untuk menguasai bola selama mungkin sejak awal permainan. Namun, Timnas Indonesia berhasil memberikan perlawanan.

Pada menit ke-10 tendangan keras pemain Irak Osamah Jabbar Rashid mengancam gawang Indonesia. Namun tendangannya masih sedikit melenceng di sisi kanan gawang Indonesia.

Pada menit ke-16 gol pemain Irak Ibrahim Bayesh dianulir wasit Shaun Evan karena lebih dulu melakukan pelanggaran terhadap Thom Haye.

Di menit ke-20 aksi individual Rafael Struick melewati sejumlah pemain Irak hingga merangsek ke kotak penalti lawan menimbulkan ancaman. Namun, bola bisa dipotong bek lawan.

Irak kembali berusaha menguasai jalannya permainan dan lebih banyak melancarkan serangan dari sisi kiri penyerangan.

Pada menit ke-34 Indonesia mendapatkan peluang lewat akselerasi Rafael Struick yang mengirimkan umpan kepada Sandy Walsh. Sayang tendangan Sandy Walsh masih bisa ditangkap kiper Irak.

Di menit ke-41 Indonesia kembali mengancam gawang Irak lewat permainan open play. Sayangnya, umpan matang Shayne Pattynama kepada Marselino di depan gawang lawan bisa dipotong bek Irak.

Hingga pertandingan babak pertama berakhir tak ada gol yang tercipta. Indonesia vs Irak berakhir imbang 0-0 di babak pertama.

Memasuki babak kedua, permain terlihat lebih dikuasai oleh Irak. Buktinya, Timnas Indonesia ketinggalan 0-1 via tendangan penalti di menit ke-53.

Wasit Shaun Evans menunjuk titik putih setelah Justin Hubner handball di dalam kotak 16 meter, Shaun Evans menunjuk titik putih. Aymen Hussein mampu mencetak gol lewat tendangan penalti.

Unggul satu gol, Irak semakin menjadi-jadi menggedor pertahanan Timnas Indonesia. Tak pelak, serangan dari Irak itu membuah penalti kedua usai Jordi Amat melakukan tekel keras di luar kotak penalti.

Jordi Amat pun harus mandi lebih awal karena mendapatkan kartu merah langsung. Sedangkan, Aymen Hussein yang menjadi eksekutor juga gagal karena bolanya melayang diatas mistar gawang Ernando Ari.

Petaka pun datang di menit ke-88 karena blunder yang dilakukan oleh Ernando Ari. Umpan backpass Rizky Ridho tak mampu diterima dengan baik, dan direbut oleh Ali Jassin yang langsung melesatkan gol kedua di pertandingan ini.

Skor 0-2 pun tidak berubah hingga pertandingan berakhir. Namun, Timnas Indonesia masih berpeluang untuk lolos ke putaran ketiga kualifikasi Pildun 2026 dan putaran final Piala Asia 2027.

Saat ini,  Indonesia berada di peringkat kedua dengan perolehan tujuh poin. Marselino Ferdinan dan kawan-kawan memerlukan tiga poin dalam dua laga terakhir Grup F untuk mengunci diri lolos ke babak berikutnya.

Sementara itu, Irak menduduki puncak klasemen Grup F dengan perolehan nilah penuh sebanyak 12 poin dari empat pertandingan. (rdr)

Exit mobile version