Dua Kali Kalahkan Timor Leste, Berapa Rangking FIFA Timnas Indonesia Sekarang?

Striker muda timnas Indonesia Ronaldo Kwateh saat melewati pemain Timor Leste. (PSSI)

BOLA, RADARSUMBAR.COM – Target Timnas Indonesia meningkatkan ranking FIFA tampaknya tercapai usai menjalani laga uji coba melawan Timor Leste. Walau poin yang didapat tidak banyak, kemenangan atas Timor Leste memberi kenaikan ranking bagi Skuad Garuda.

Timnas Indonesia mengalahkan Timor Leste pada dua laga FIFA Matchday. Skuad asuhan Shin Tae-yong itu meraih kemenangan 4-1 pada laga perdana (27/1/2022) dan menang 3-0 pada laga kedua (30/1/2022).

Menurut Footyranking, kemenangan itu membuat Timnas Indonesia mengantongi 9,3 poin. Tim Merah Putih naik ke urutan ke-160 dengan menggeser Singapura. Timnas Indonesia saat ini, termasuk poin yang didapat usai menang atas Timor Leste, mengoleksi 1001,61 poin.

Pasukan Shin Tae-yong unggul tipis atas Singapura yang ada di urutan ke-161 dengan raihan 1000,78 poin. Singapura tak melakukan duel FIFA Matchday pada akhir Januari 2022. Ini yang membuat tim berjulukan The Lions itu tak mendapatkan penambahan poin pada ranking FIFA.

Timnas Indonesia berpeluang memperbaiki peringkat di ranking FIFA pada laga FIFA Matchday selanjutnya. Jadwalnya adalah 21-29 Maret 2022. Timnas Indonesia berhak berada di pot 3 Kualifikasi Piala Asia 2023. Pot ketiga dihuni tim-tim yang berada di peringkat ke-13 sampai 18 pada ranking kecil AFC.

Timnas Indonesia berada di pot 3 bersama Afghanistan, Yaman, Myanmar, Malaysia, dan Maldives. Undian Kualifikasi Piala Asia 2023 akan digelar pada 24 Februari mendatang. Adapun pertandingan penyisihan grup Kualifikasi Piala Asia 2023 akan digelar pada 8-14 Juni 2022.

Enam tim yang jadi juara Grup A-F akan lolos langsung ke Piala Asia 2023 dan ditemani lima runner-up terbaik pada klasemen kecil. Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali, puas dengan penampilan Timnas Indonesia pada dua laga FIFA Matchday.

Menurut Zainudin, Timnas Indonesia sudah menuju ke arah yang bagus. Namun, para pemain diharapkan masih bisa meningkatkan kualitas permainan untuk menjadi jauh lebih baik. Inilah yang harus dilakukan untuk bisa meraih prestasi pada masa depan.

“Timnas Indonesia sudah ke arah yang lebih baik, meski belum optimal,” tegas Zainudin Amali. (rdr)

sumber: Bola.net

Exit mobile version