Ferkushi Sumbar Kirim 7 Atlet Berlaga di Kejurnas Kurash di Jakarta

Gubernur Sumbar, Mahyeldi bersama Ketum Ferkushi Harris Dt Batuah dan pengurus melepas atlet Kurash Sumbar ke ajang Kejurnas, Selasa (22/2). (Antarasumbar/HO)

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi Ansharullah meminta atlet Kurash Sumbar yang akan berlaga di Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Kurash di Padepokan Silat Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta agar mengeluarkan kemampuan terbaiknya.

“Kita minta atlet terus berlatih mempersiapkan diri untuk tampil di Kejurnas, jangan menyerah dan keluarkan hasil latihan serta raih prestasi,” katanya di Padang, Selasa (22/2/2022).

Ia mengatakan hari ini dirinya melepas atlet yang akan berangkat ke Jakarta yang terdiri dari delapan atlet serta seorang pelatih. “Kita doakan atlet sehat dan mampu membawa pulang medali ke Sumbar,” kata dia.

Ketua Umum Federasi Kurash Indonesia (Ferkushi) Sumatera Barat, Harris Dt Batuah mengatakan pertandingan ini juga sebagai ajang seleksi untuk Sea Games mendatang. “Cabang Olahraga (Cabor) Kurash ini sudah dipertandingkan di Asian Games 2018 kemudian PON Papua kemarin cabor eksebisi. Untuk PON Aceh-Sumut 2024 cabor ini akan dipertandingkan,” kata dia.

Ferkushi Sumatera Barat akan mengirimkan tujuh atlet yang akan mengikuti Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Kurash yang akan digelar di Padepokan Silat TMII Jakarta pada akhir Februari 2022. Ketujuh atlet ini terdiri empat atlet pria dan tiga atlet wanita yang merupakan personel Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol) PP Kota Padang.

Adapun tujuh atlet itu Farid di kelas minus 90 kilogram, Rangga dan Masriandi di kelas minus 73 kilogram, Rina di kelas minus 70 kilogram, Rizki di kelas minus 60 kilogram, Fitri di kelas 57 kilogram dan Gina di kelas 48 kilogram. “Kita tak muluk, harapannya mampu meraih medali di ajang ini,” kata dia. “Mereka merupakan atlet bela diri dari cabang olahraga lain yang kita persiapkan menjadi atlet kurash Sumbar,” kata dia.

Untuk target, pihaknya ingin seluruh atlet memahami olahraga ini dan mencintai bela diri asal Uzbekistan ini dan siap mengembangkan di Sumatera Barat. “Kita ingin mencetak atlet kurash yang handal dan mampu berprestasi baik di nasional maupun internasional,” kata dia. (ant)

Exit mobile version