Persiapkan Atlet untuk PON 2024, KONI Sumbar Usulkan Anggaran Rp48 M

Plt Ketua Umum KONI Sumbar Hamdanus (ANTARA/ Mario Sofia Nasution)

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sumatera Barat mengusulkan anggaran mereka dalam mempersiapkan atlet daerah itu pada tahun 2023 sebesar Rp48 miliar untuk tahapan persiapan menuju Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024.

Plt Ketum KONI Sumbar Hamdanus di Padang, Senin (18/4/2022) mengatakan anggaran sebanyak itu akan dipergunakan untuk mempersiapkan atlet menuju Pra PON, Porwil atau Kejurnas yang menjadi pintu lolos atlet menuju PON 2024.

“Kita usulkan Rp48 miliar agar perhatian kepada atlet pelatih serta kesiapan cabang olahraga dalam mempersiapkan sarana dan prasarana yang mereka miliki,” kata dia.

Ia meyakini jika persiapan pada 2023 ini baik maka penampilan atlet pada PON 2024 pasti menjadi lebih baik. “Jika dukungan lemah maka kita akan bisa maksimal di PON nanti,” kata dia.

Menurut dia pengusulan ini sudah melalui kajian yang diambil dari Binpres KONI Sumbar yang menghimpun data dari cabang olahraga yang ada. “Berapa angka yang akan didapatkan nanti tergantung perjuangan penyampaian dan argumentasi data yang dimiliki serta target capaian nantinya,” kata dia.

Ia mengakui anggaran yang didapatkan KONI Sumbar sangat bergantung pada kemampuan keuangan daerah dan dirinya berharap pendapatan daerah juga dapat meningkat di tahun ini.

“Kita akan perjuangkan ini hingga Agustus nanti untuk mematangkan persiapan atlet meraih prestasi di ajang Pra PON dan Porwil yang menentukan lolos atau tidaknya atlet Sumbar ke PON Aceh-Sumut 2024,” kata dia.

Ia menilai hasil yang baik bermula dari persiapan yang matang dan terukur sehingga menghasilkan prestasi yang membangkitkan marwah Sumatera Barat. “Kita harus banyak berdialog mengajak kepala daerah untuk komunikasi mempersiapkan atlet dan pelatih untuk PON ini,” kata dia. (rdr/ant)

Exit mobile version