Lawan Nepal di Laga Terakhir Kualifikasi Piala Asia 2023, Indonesia harus Menang!

Indonesia dan Nepal akan bertemu di Stadion Internasional Jaber Al-Ahmad, Kuwait City, Selasa (14/6/2022) malam waktu setempat atau Rabu (15/6/2022) dini hari WIB mulai pukul 02.15 WIB.

Pemain Indonesia melakukan selebrasi usai membobol gawang Kuwait. (net)

BOLA, RADARSUMBAR.COM – Timnas Indonesia akan menghadapi Nepal pada laga terakhir Kualifikasi Piala Asia 2023, jika menang, ini akan menjadi akhir penantian 15 tahun Timnas Indonesia.

Indonesia dan Nepal akan bertemu di Stadion Internasional Jaber Al-Ahmad, Kuwait City, Selasa (14/6/2022) malam waktu setempat atau Rabu (15/6/2022) dini hari WIB mulai pukul 02.15 WIB.

Timnas Indonesia wajib meraih kemenangan atas Nepal untuk setidaknya lolos melalui posisi runner-up terbaik. Indonesia saat ini berada di dasar klasemen runner-up terbaik dengan torehan tiga poin, kalah selisih gol dari Malaysia dari Grup E.

Jika mampu mengalahkan Nepal dan lolos ke Piala Asia 2023, maka Timnas Indonesia sukses mengakhiri penantian 15 tahun untuk bisa kembali tampil di turnamen sepak bola terbesar di Asia itu.

Kali terakhir Timnas Indonesia bermain di Piala Asia adalah pada edisi 2007, itupun tim Merah Putih bertindak sebagai salah satu dari empat tuan rumah bersama Malaysia, Thailand, dan Vietnam.

Sejak 2007, Indonesia tidak pernah bermain di Piala Asia. Setelah gagal lolos kualifikasi di Piala Asia 2011 dan 2015, Timnas Indonesia didiskualifikasi dari kualifikasi Piala Asia 2019 karena sanksi FIFA.

Timnas Indonesia saat ini menduduki posisi dua klasemen sementara Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023, terpaut tiga poin dari Yordania di puncak klasemen dan unggul head to head atas Kuwait.

Kemenangan atas Nepal hampir pasti menggaransi posisi Timnas Indonesia ke putaran final Piala Asia 2023 yang hingga kini belum memiliki tuan rumah menyusul keputusan China untuk mundur.

“Kami masih punya satu pertandingan lagi [lawan Nepal]. Kami harus mendapatkan tiga poin, jika bisa, itu menjadi hasil bagus.”

“Secara keseluruhan saya puas penampilan pada laga ini,” ujar pelatih Timnas Indonesia Shin Tae Yong usai dikalahkan Yordania. (rdr/cnn)

Exit mobile version