Tiga Pemain Keturunan Indonesia Berpotensi Tak Main di FIFA Match Day

Pihak Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI pun baru akan membahas proses naturalisasi ketiga pemain itu pada September 2022.

Tiga pemain keturunan Indonesia yang berkasnya sudah berada di Kemenkumham, yakni, Jordi Amat, Sandy Walsh dan Shayne Pattynama.

Tiga pemain keturunan Indonesia yang berkasnya sudah berada di Kemenkumham, yakni, Jordi Amat, Sandy Walsh dan Shayne Pattynama.

BOLA, RADARSUMBAR.COM – Timnas Indonesia terancam tak diperkuat tiga pemain keturunan kala berhadapan dengan Timnas Curacao di FIFA Matchday September 2022. Penyebabnya, proses naturalisasi ketiga pemain tersebut masih belum rampung.

Tiga pemain keturunan Indonesia, Jordi Amat, Sandy Walsh dan Sahyne Pattynama masih dalam proses naturalisasi. Pihak Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI pun baru akan membahas proses naturalisasi ketiga pemain itu pada September 2022.

“Komisi X DPR RI dan Kemenpora RI sepakat akan membahas pertimbangan kewarganegaraan RI bagi atlet sepakbola pada awal September 2022,” tulis laporan tersebut, dilansir dari Youtube Komisi X DPR RI, Rabu (24/8/2022).

Hal ini membuat 3 pemain keturunan itu terancam tak bisa ikut membela Timnas Indonesia di FIFA Matchday 2022. Pasalnya, jadwal laga akan mepet dengan pembahasan proses naturalisasi oleh DPR.

Diketahui, pada FIFA Matchday yang bergulir September 2022, Timnas Indonesia dijadwalkan melakoni laga uji coba melawan Timnas Curacao. Ada 2 laga yang akan digelar melawan Timnas Curacao.

Jadwal pertandingan persahabatan FIFA Matchday pada September 2022 berada di rentang 19 sampai 27 September 2022. PSSI mengincar Curacao sebagai lawan karena berdasarkan data terkini, tim asal CONCACAF itu berada di peringkat 84 dunia.

PSSI sejak awal bertekad ingin mempertemukan Timnas Indonesia dengan tim yang menempati peringkat 100 dunia. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan ranking FIFA Timnas Indonesia.

Timnas Indonesia diketahui saat ini menghuni posisi 155 FIFA. Skuad Garuda -julukan Timnas Indonesia- berada di bawah negara-negara ASEAN, yaitu Vietnam (91), Thailand (111), Filipina (134) dan Malaysia (147).

Mengingat pentingnya meraih hasil manis dalam laga uji coba itu, Timnas Indonesia tentu perlu diperkuat para pemain hebat. Sosok Jordi Amat, Sandy Walsh, dan Sahyne Pattynama pun sebenarnya diharapkan karena sudah punya banyak pengalaman dengan merumput di Eropa. (rdr/okz)

Exit mobile version