Nasib Sandy dan Jordi Kini di Tangan Presiden Jokowi

Nanti ada proses administrasi yang harus kita selesaikan dalam waktu dekat ini. Jadi nanti dari sini ke Mensesneg ke bapak Presiden [Jokowi] untuk mendapatkan keputusan Presiden.

Sandy Walsh dan Jordi Amat menunggu keputusan Presiden Jokowi untuk naturalisasi

Sandy Walsh dan Jordi Amat menunggu keputusan Presiden Jokowi untuk naturalisasi

BOLA, RADARSUMBAR.COM – Nasib proses naturalisasi Sandy Walsh dan Jordi Amat kini berada di tangan Presiden Joko Widodo (Jokowi) setelah disetujui DPR RI pada Senin (29/8/2022).

Wamenkumham Edward Omar Sharif Hiariej menjelaskan setelah DPR RI menyetujui permohonan naturalisasi Sandy dan Jordi, pihaknya akan bersurat ke Menteri Sekretariat Negara untuk diteruskan ke Presiden.

“Nanti ada proses administrasi yang harus kita selesaikan dalam waktu dekat ini. Jadi nanti dari sini ke Mensesneg ke bapak Presiden [Jokowi] untuk mendapatkan keputusan Presiden,” kata Edward pada Senin.

Nantinya Presiden Jokowi yang memastikan apakah Sandy Walsh dan Jordi Amat bisa menjadi Warga Negara Indonesia atau tidak. Kepastian soal itu nantinya akan dituangkan dalam Keputusan Presiden atau Keppres.

“Lalu yang terakhir adalah penyumpahan. Kalau sudah disumpah jadi warga negara Indonesia nanti bisa bermain untuk Timnas Indonesia. Jadi kita berharap secepatnya dalam dua minggu ke depan,” kata Edward.

Wamenkumham berjanji proses akhir naturalisasi ini akan rampung paling tidak dalam dua pekan. Harapannya, penyumpahan kedua Sandy Walsh dan Jordi Amat menjadi Warga Negara Indonesia bisa dilakukan sebelum 24 November.

Diketahui Timnas Indonesia akan menjalani dua pertandingan uji coba dalam agenda FIFA Match Day periode September. Tim Garuda akan melawan Curacao pada 24 dan 27 September di Bandung dan Jakarta.

Sejatinya masih ada satu pemain lagi yang akan dinaturalisasi, yakni Shayne Pattynama. Saat ini dokumen pemain kelahiran Belanda ini masih di Sekretariat Negara untuk dimintakan surat permohonan ke DPR RI.

“Sedang proses. Saat ini dokumennya di Sekretariat Negara. Prosedurnya Setneg, dalam artian bapak presiden, dalam hal ini pak Menkumham telah bersurat kepada Sekretariat Negara dan Presiden akan menyurati DPR,” kata Edward.

Diketahui, sebanyak tiga calon pemain naturalisasi sudah menyelesaikan administrasi di Indonesia sejak Mei 2022. Trio pemain naturalisasi itu adalah Jordi Amat, Sandy Walsh, dan Shayne Pattynama.

Timnas Indonesia pun akan melakoni serangkaian laga uji coba FIFA Matchday pada September mendatang. Ada dua negara yang akan menjadi kandidat pasukan Garuda.

Iriawan menyatakan Curacao sudah pasti menjadi lawan bagi Skuad Garuda. Sementara, penjajakan melawan India dan Hong Kong masih terus dilakukan. (rdr/cnn)

Exit mobile version