Marc Marquez Kembali Raih Pole Position di MotoGP Jepang

Pebalap Honda asal Spanyol, Marc Marquez keluar sebagai yang tercepat dengan catatan waktu terbaik 1 menit 55,214 detik.

Marc Marquez saat kualifikasi MotoGP Jepang 2022

Marc Marquez saat kualifikasi MotoGP Jepang 2022

RADARSUMBAR.COM – Setelah sempat tertunda akibat hujan deras, kualifikasi MotoGP Jepang 2022 akhirnya digelar di lintasan yang basah. Ada beberapa kejutan dalam kualifikasi kali ini.

Hasilnya, pebalap Honda asal Spanyol, Marc Marquez keluar sebagai yang tercepat dengan catatan waktu terbaik 1 menit 55,214 detik. Marquez unggul 0,208 detik dari Johann Zarco di posisi kedua.

Diketahui, sejak pagi, Sirkuit Motegi, Jepang tak henti-hentinya diguyur hujan. Bahkan, free practice atau FP3 terpaksa harus dibatalkan, dan langsung berlanjut ke sesi kualifikasi dalam kondisi basah.

Kembali ke Marquez, ini merupakan kali pertama The Baby Alien meraih pole position sejak tiga tahun lalu. Menariknya, kali terakhir dia start pertama juga terjadi di lintasan yang sama, yakni Motegi Jepang pada 2019.

Di belakang Marquez, secara berturut-turut ada Johann Zarco di tempat kedua, Brad Binder di tempat ketiga, Maverick Vinales di posisi keempat, dan Jorge Martin yang mengamankan kursi kelima.

Sementara pemuncak klasemen sementara, Fabio Quartararo hanya mampu menempati posisi kesembilan. Pebalap kelahiran Prancis tersebut memang terlihat kesulitan sejak latihan kedua, tadi pagi.

Sementara itu, kondisi lintasan yang basah kembali memakan korban. Kali ini Enea Bastianini yang harus tersungkur ke luar trek di tikungan kelima. Padahal, dia memasang target cukup tinggi di perlombaan yang berlangsung besok.

Selain Bastianini, rider yang mengalami crash saat kualifikasi antara lain Takaaki Nakagmi, Daryn Binder, serta Raul Fernandez. Para pebalap itu terjatuh di sesi kualifikasi 1. (rdr/dtk)

Berikut hasil kualifikasi MotoGP Jepang 2022;

  1. Marc Marquez
  2. Johann Zarco
  3. Brad Binder
  4. Maverick Viñales
  5. Jorge Martin
  6. Aleix Espargaro
  7. Jack Miller
  8. Miguel Oliveira
  9. Fabio Quartararo
  10. Luca Marini
  11. Pol Espargaro
  12. Francesco Bagnaia
  13. Marco Bezzecchi
  14. Franco Morbidelli
  15. Enea Bastianini
  16. Fabio Di Giannantonio
  17. Alex Marquez
  18. Alex Rins
  19. Tetsuta Nagashima
  20. Remy Gardner
  21. Takuya Tsuda
  22. Raul Fernandez
  23. Cal Crutchlow
  24. Darryn Binder
Exit mobile version