Sudah Kantongi Izin PSSI, Piala Soeratin 2022 Sumbar segera Dihelat

Ketua panitia Sumbar, Yulius Dede (ANTARA/Mario Sofia Nasution)

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI Sumatera Barat akan segera menggulirkan Piala Soeratin 2022 U-17, U-15 dan U-13 tingkat provinsi tersebut usai mendapatkan lampu hijau dari PSSI Pusat.

Ketua Panitia Piala Soeratin 2022 tingkat Sumbar Yulius Dede di Padang, Minggu (23/10/2022) mengatakan kepastian ini didapatkan usai PSSI menyurati Asprov PSSI Sumbar dengan Nomor 4268/UDN/2730/X-2022 tanggal 19 Oktober 2022 perihal kompetisi PSSI putaran provinsi yang ditandatangani Sekjen PSSI Yunus Nusi.

“Surat itu menyebutkan PSSI Sumbar sudah dapat melaksanakan Piala Soeratin U-17, U-15 dan U-13 di tingkat provinsi,” kata dia.

Dalam surat tersebut langkah memperbolehkan bergulirnya kompetisi ini mempertimbangkan keberlangsungan pembinaan sepakbola usia muda di seluruh Indonesia dan meminta PSSI di seluruh Indonesia melaksanakan atau melanjutkan pelaksanaan kompetisi Piala Soeratin U-17,U-15 dan U-13 di tingkat provinsi. “Dalam hal ini Asprov PSSI Sumbar diminta berkoordinasi dengan pihak berwenang di wilayah setempat,” kata dia.

Ia menerangkan dengan adanya surat itu, PSSI Sumbar menggelar rapat untuk melakukan pembahasan Piala Soeratin tahun ini dan disepakati pihaknya akan mengundang tim peserta untuk mengikuti rapat koordinasi pada Minggu (30/10/2022).

“Untuk tahap awal kita akan menggulirkan Piala Soeratin U-17 dahulu, nanti jika sudah berjalan akan diikuti Piala Soeratin U-15 dan U-13,” kata dia.

Menurut dia untuk Piala Soeratin U-17 ini sudah ada tiga tim yang mengajukan diri sebagai tuan rumah mulai dari tim Persada Kabupaten Limapuluh Kota, Persikopa Pariaman hingga Pespessel Pesisir Selatan. “Alhamdulillah kita diberi kesempatan melakukan pembinaan sepakbola dan menggulirkan kompetisi ini,” kata dia.

Ia mencatat sejauh ini tim yang telah mendaftarkan dirinya mengikuti kompetisi Piala Soeratin U-17 sekitar 15 tim, Piala Soeratin U-15 sebanyak 17 tim dan Soeratin U-13 sebanyak 6 tim. “Jumlah tim ini belum final karena bisa saja bertambah atau berkurang hingga pertemuan manajer nanti,” kata dia.

Sementara Ketua Umum Persada Isra Dharma Suyandra menyambut baik langkah Asprov PSSI Sumbar yang akan menggulirkan kompetisi Piala Soeratin.

Menurut dia secara jadwal memang sudah pas namun karena ada persitiwa Kanjuruhan Malang, kompetisi Liga 3 diundur dan Piala Soeratin yang didahulukan. “Kita menyambut positif dan telah melakukan persiapan dalam menghadapi komptisi ini. Kami juga mengajukan diri sebagai tuan rumah dan siap berlaga di Piala Soeratin U-17 ini,” kata dia. (rdr/ant)

Exit mobile version