Naturalisasi Pemain Timnas U-20 Bisa Lebih Cepat dari Senior

Proses ini bisa dipercepat karena kebutuhan Piala Dunia U-20 2023.

Dua calon naturalisasi Timnas U-20 Ivar Jenner dan Justin Hubner sampai di Indonesia

Dua calon naturalisasi Timnas U-20 Ivar Jenner dan Justin Hubner sampai di Indonesia

BOLA, RADARSUMBAR.COM – Proses calon pemain naturalisasi Timnas Indonesia U-20, Justin Hubner dan Ivar Jenner, diyakini bakal lebih cepat dari pemain senior.

Hal tersebut diungkapkan Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI Yunus Nusi dalam acara FIFA Football for Schools di Lapangan D, Senayan. Proses ini bisa dipercepat karena kebutuhan Piala Dunia U-20 2023.

“Yang ini [Jenner dan Hubner] kami harapkan karena ini untuk kepentingan Piala Dunia juga dan STY sudah sangat berharap mereka segera bergabung, supaya mereka juga bisa beradaptasi dengan anak-anak kita yang sudah ada,” kata Yunus.

Diketahui proses naturalisasi Jenner dan Hubner baru dimulai pada Senin (24/10/2022). Keduanya tiba di Indonesia pada Minggu (23/10/2022) dan langsung menjalani sejumlah proses kebutuhan naturalisasi, utamanya pemenuhan dokumen.

Saat ini keduanya sudah kembali ke Belanda. Sebelum pulang, PSSI memastikan segala dokumen yang dibutuhkan untuk proses naturalisasi sudah dilengkapi. Pemerintah, yakni Kemenpora dan Kemenkumham pun sudah merestui.

Jenner dan Hubner dinaturalisasi PSSI atas permintaan Shin Tae Yong. Selain kedua pemain, PSSI berencana menaturalisasi dua pemain tambahan plus satu pemain opsi. Namun nama pemain tersebut masih dirahasiakan.

“Belum [panggil pemain naturalisasi lain]. Nanti kami sambil juga menunggu dari STY. Ada beberapa yang sudah dinominasi, kami belum bisa mengumumkan karena kepastian siapa yang dari nominasi itu,” ucapnya menjelaskan.

Saat ini skuad Timnas Indonesia U-20 sedang melakukan pemusatan latihan di Turki. Setelah dari Turki akan berlanjut ke Spanyol dan jika memungkinkan akan menuju Belanda.

Di ketiga negara ini akan digelar serangkaian laga uji coba. Pemusatan latihan di Eropa ini merupakan bagian dari persiapan menatap Piala Asia U-20 2023.

Ajang ini akan dijadikan pemanasan sebelum tampil di kejuaraan target PSSI, yakni Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia. (rdr/cnn)

Exit mobile version