Piala Dunia 2022: Korban Kedua Tim Asia, Jerman Dikalahkan Jepang

Jerman menyerah dengan skor 1-2.

Takuma Asano mencetak gol kedua untuk Jepang dan menaklukkan Jerman di laga Grup E FIFA World Cup Qatar 2022. (Photo by Dean Mouhtaropoulos/Getty Images)

Takuma Asano mencetak gol kedua untuk Jepang dan menaklukkan Jerman di laga Grup E FIFA World Cup Qatar 2022. (Photo by Dean Mouhtaropoulos/Getty Images)

BOLA, RADARSUMBAR.COM – Tim Der Panzer, Jerman jadi korban tim Asia kedua usai dikalahkan Jepang dalam laga perdana Grup E Piala Dunia 2022 di Khalifa International Stadium, Ar-Rayyan, Rabu (23/11/2022) malam WIB. Jerman menyerah dengan skor 1-2.

Awalnya, Jerman tampil memenuhi ekspektasi dengan mengalahkan Jepang 1-0 pada babak pertama laga tersebut. Gol tunggal Jerman diciptakan oleh Ilkay Gundogan pada menit ke-33. Jerman sebenarnya menggandakan keunggulan menjelang laga babak pertama berakhir.

Kai Havertz kali ini yang mencatatkan namanya di papan skor seusai menyambut bola umpan Serge Gnabry. Namun, gol itu dianulir VAR yang menilai Havertz terlebih dulu offside sebelum menceploskan bola ke gawang Jepang.

Gol Gundogan sendiri diciptakan melalui tendangan penalti menyusul pelanggaran kiper Jepang Shuichi Gonda. Pada laga babak pertama, Jerman terlihat dominan dengan penguasaan bola hingga 80,8 persen, sedangkan Jepang hanya 19,2 persen.

Setelah memimpin 1-0 berkat gol penalti Gundogan, Jerman terus melancarkan serangan. Tembakan Gnabry dan Jamal Musiala pada menit ke-38 masih bisa dimentahkan Jepang. Skor 1-0 pun bertahan hingga peluit panjang berbunyi.

Di babak kedua, akhirnya Jepang comeback. Dua gol diciptakan para pemain Samurai Biru dalam rentang waktu delapan menit untuk berbalik mengungguli Jerman dengan skor 1-2. Jepang bermain lebih berani usai turun minum.

Pada menit ke-75, Jepang berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1. Umpan Kaoru Mitoma diteruskan Takumi Minamino dengan tembakan yang ditepis Manuel Neuer. Bola rebound jatuh ke jalur Ritsu Doan yang dengan mudah menceploskan bola ke sudut atas gawang Jerman.

Delapan menit berselang, Jepang mencetak gol keduanya untuk mengejutkan Jerman. Pemain pengganti Takuma Asano menaklukkan Neuer dengan tembakan dari sudut sempit. Jepang kini unggul 2-1 atas Jerman.

Skor tersebut bertahan hingga pertandingan berakhir. Meski wasit memberikan tambahan waktu selama 7 menit, peluang akhir dari tendangan bebas yang didapatkan Jerman di menit ke-95 juga belum mampu dimaksimalkan. Jerman pun harus kalah 1-2 dari Jepang.

Hasil ini hampir sama kondisinya dengan kekalahan Argentina saat melawan Arab Saudi pada laga perdana Grup C Piala Dunia 2022, Selasa kemarin. Argentina yang unggul melalui penalti Di Maria pada babak pertama harus menyerah setelah kalah dua gol di babak kedua. (rdr)

Exit mobile version