PSSI Resmi Gulirkan Liga 3 Sumbar, Ini Jadwalnya

Ketua Panitia Liga 3 Sumbar Yulius Dede. (Antarasumbar/HO)

Ketua Panitia Liga 3 Sumbar Yulius Dede. (Antarasumbar/HO)

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI Sumatera Barat secara resmi akan menggulirkan Liga 3 zona Sumbar pada 7 Januari 2023 usai adanya penundaan akibat insiden kericuhan di Stadion Kanjuruhan Malang pada 1 Oktober 2022.

“Usai menerima surat pemberitahuan dari PSSI terkait kelanjutan kompetisi Liga 3, Piala Soeratin dan putaran nasional maka kita gelar rapat bersama Exco PSSI Sumbar, Pengurus PSSI Sumbar dan panitia penyelenggara dan disepakati Liga 3 kembali digulirkan,” kata Ketua Panitia Penyelenggara Liga 3 Zona Sumbar, Yulius Dede di Padang, Minggu.

Menurut dia yang berubah hanya jadwal saja sementara untuk pembagian grup, lokasi pertandingan serta aturan kompetisi sesuai dengan kesepakatan saat pertemuan teknik yang digelar di Gedung DPRD Sumbar pada 24 September 2022.

Ia mengatakan dari PSSI membatasi bahwa putaran nasional Liga 3 akan digulirkan pada Februari 2023 dan pihaknya yakin Liga 3 zona Sumbar akan selesai dalam waktu satu bulan sejak digulirkan.

“Semoga tidak terganggu cuaca ekstrem sehingga kompetisi bergulir sesuai jadwal yang telah ditentukan. Pihaknya menargetkan tiga tim dari Sumbar bisa lolos ke putaran nasional karena banyaknya jumlah pertandingan dan kita ahrus tingkatkan kualitas pertandingan,” kata dia.

Liga 3 zona Sumbar tahun ini akan diikuti 21 tim sepakbola yang menjadi anggota Asprov PSSI Sumbar yang dibagi dalam empat grup. Ada empat venue yang disiapkan menggelar pertandingan ini,

Ia mengatakan empat venue pertandingan tersebut adalah Stadion Ahmad Karim Tigo Nagari Pasaman Barat, Stadion H. Ilyas Yakub Painan Kabupaten Pesisir Selatan, Stadion Singa Harau, Salilamak Kabupaten Lima Puluh Kota dan Stadion Mini Persikatim, Sikapak Timur Kota Pariaman.

Pertandingan sendiri akan digelar dengan sistem setengah kompetisi di babak penyisihan grup dan dua tim di masing-masing grup akan lolos ke babak delapan besar.

Di babak delapan besar akan dibuat dua grup dengan sistem setengah kompetisi dan akhirnya dua tim di masing-masing grup akan maju ke babak semifinal. Juara grup akan berhadapan dengan runner up grup di masing-masing grup dengan sistem gugur di babak semifinal.

Lalu ada dua tim terbaik yang akan memperebutkan juara 1 dan runner up serta peringkat ketiga di kompetisi musim ini. Pihaknya akan berupaya agar ada tiga tim yang nantinya mewakili Sumatera Barat lolos ke Liga 3 Nasional. “Melihat jumlah tim serta jumlah pertandingan di kompetisi ini kita optimistis untuk hal tersebut,” kata dia.

Dalam menjaga kualitas kompetisi, pihaknya akan menugaskan 83 perangkat pertandingan di seluruh kompetisi ini dan mengantongi lisensi C1 dan C2. Mereka ini ada yang sudah bertugas di Liga 1 dan di Liga 2, ini memang menjadi perhatian agar kualitas kompetisi ini semakin membaik. “Total ada 61 kali pertandingan dalam Liga 3 Zona Sumbar 2022,” katanya.

Pembagian grup Liga 3 zona Sumbar 2022 ini mulai dari Grup A yang ditempati tuan rumah PSKPS Pasaman, Persiku Sijunjung, PSBB Batusangkar, PSPP Padang Panjang, PSP Padang dan PSKB Bukittinggi yang akan digelar di Stadion Ahmad Karim, Tigo Nagari Pasaman Barat.

Untuk Grup B yang digelar di Stadion Singa Harau, Salilamak Kabupaten Lima Puluh Kota ditempati PES Pessel, Gumarang FNKB, PS. Machcudum’s, Persepak Payakumbuh dan Persepar Pariaman.

Kemudian Grup C ditempati lima tim yakni tuan rumah Gasliko 50 Kota, GMR FC Tanah Datar, Kompak Kampung Pisang, PS. Pasbar dan PS Dharmasraya.

Terakhir di Grup D yang digelar Stadion Mini Persikatim, Sikapak Timur Kota Pariaman ditempati tuan rumah Persikopa Kota Pariaman, KLA-Dentis FC, Batang Anai FC, Absolute FC dan Sukur FC.

Sebelumnya PSSI mengeluarkan surat edaran dengan nomor 4768/UDN/3075/XII-2022 tentang Putaran Nasional Kompetisi dan Usia Muda. Untuk putaran nasional Liga 3 digelar pada 20 Februari 2023 yang diikuti 34 tim dari provinsi di Indonesia dan ini mengharuskan seluruh kompetisi Liga 3 provinsi harus selesai dan mengirimkan perwakilan mereka sebelum tanggal tersebut. (rdr/ant)

Exit mobile version