Piala AFF 2022: Indonesia Ditahan Imbang Thailand dengan 10 Pemain

Timnas Indonesia berhasil unggul terlebih dahulu berkat penalti Marc Klok di awal babak kedua. Namun, Sarach Yooyen berhasil menyamakan kedudukan di menit 79.

Duel pemain Timnas Indonesia dan Thailand dalam laga ketiga Grup A Piala AFF 2022. Kedua tim bermain imbang 1-1.

Duel pemain Timnas Indonesia dan Thailand dalam laga ketiga Grup A Piala AFF 2022. Kedua tim bermain imbang 1-1.

BOLA, RADARSUMBAR.COM – Timnas Indonesia gagal memetik kemenangan di pertandingan ketiga grup A Piala AFF 2022. Berhadapan dengan timnas Thailand, Skuat Garuda hanya mampu bermain imbang dengan skor 1-1.

Timnas Indonesia berhasil unggul terlebih dahulu berkat penalti Marc Klok di awal babak kedua. Namun, Sarach Yooyen berhasil menyamakan kedudukan di menit 79.

Berkat hasil imbang ini, Timnas Thailand masih bertengger di puncak klasemen grup A Piala AFF 2022 dengan raihan tujuh poin. Sementara timnas Indonesia bertengger di posisi kedua dengan raihan poin yang sama, namun kalah selisih gol.

Bermain di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Timnas Indonesia langsung tancap gas. Baru beberapa detik laga dimulai, Timnas Indonesia mengancam melalui tembakan Witan Sulaeman di kotak penalti Thailand, namun bola masih bisa ditangkap oleh Phuthawchueak.

Jalannya pertandingan menjadi seru. Karena Thailand memberikan respon dan melepaskan sejumlah tekanan ke kotak penalti Indonesia.

Di menit ke-24, Egy mendapatkan umpan silang yang bagus dari Pratama Arhan, namun sayang sundulannya masih melayang di atas mistar gawang Thailand.

Di menit ke-38, Timnas Indonesia harusnya sudah unggul 1-0 atas Thailand. Memanfaatkan kesalahan kiper Thailand, Witan berhasil merebut bola dari kaki Phuthawchueak dan berhasil berhadapan dengan gawang kosong.

Namun, sayang sontekannya masih melebar dari gawang Thailand. Jual beli serangan terus berlanjut, namun skor 0-0 bertahan hingga wasit meniupkan peluit tanda berakhirnya babak pertama.

Memasuki babak kedua, timnas Indonesia kembali mengambil inisiatif serangan. Anak asuh Shin Tae-Yong langsung gercep mencetak gol. Baru tiga menit laga berjalan, skuat Garuda mendapatkan hadiah penalti setelah tendangan Asnawi mengenai tangan Theerathon.

Marc Klok yang ditunjuk sebagai eksekutor sukses menuntaskan tugasnya dengan baik sehingga Indonesia unggul 1-0 atas Thailand. Gol Klok itu membuat Skuat Garuda semakin percaya diri. Anak asuh Shin Tae-Yong itu semakin agresif untuk menyerang pertahanan Thailand.

Skuat Garuda semakin berada di atas angin setelah Thailand harus bermain dengan 10 pemain di menit ke-62. Sanrawat Dechmitr melakukan pelanggaran keras ke kaki Ricky Kambuaya sehingga wasit langsung mencabut kartu merah untuk sang pemain.

Meski tertinggal dan kalah jumlah pemain, Timnas Thailand tidak patah arang. Skuat Gajah Perang bertahan dengan rapat dan sesekali melakukan serangan balik. Taktik Polking ini terbukti jitu. Di menit 79 Thailand berhasil menyamakan kedudukan.

Melalui skema serangan balik, Sarach Yooyen bergerak ke tengah dari sisi kiri dan melepaskan tembakan keras. Bola sempat mengenai kaki Asnawi sebelum bola masuk ke gawang Nadeo. Skor sama kuat 1-1.

Di masa injury time, timnas Indonesia punya peluang untuk menyamakan kedudukan melalui tendangan bebas Marc Klok dari luar kotak penalti.

Namun sayang tembakannya tepat mengarah ke kiper Thailand. Skor 1-1 bertahan hingga wasit meniupkan peluit tanda berakhirnya pertandingan. (rdr/bla)

Exit mobile version