Bantu Penanganan COVID-19 di Brazil, Pele Lelang Jersey

""Lelang akan berlangsung bulan depan"

Jersey milik legenda sepakbola dunia Pele. (net)

JAKARTA, RADARSUMBAR.COM – Pele, legenda hidup sepak bola dunia mengumumkan akan melelang jersey-nya baru-baru ini. Selain Pele, bintang asal Inggris, David Beckham pun ikut-ikutan melelang jersey yang dikenakannya saat membela klub Serie A, AC Milan.

Pele, pemilik nama komplet Edson Arantes do Nascimento, dan David Beckam juga mendapat dukungan dari bintang Juventus Cristiano Ronaldo dan striker Paris Saint-Germain Kylian Mbappe. Kedua pesepak bola itu pun ikut-ikutan melelang jersey masing-masing. “Lelang akan berlangsung bulan depan,” kata Pele dalam pernyataannya, kemarin.

Total, termasuk keempat nama di atas, ada 229 barang yang akan dilelang. “Lelang untuk membantu membiayai anak-anak yang kurang mampu,” kata Pele sembari menyebut bahwa dirinya memang memiliki yayasan sejak 2018 untuk tujuan karitattif itu.

Pele kelahiran 23 Oktober 1940 adalah satu-satunya pesepak bola yang tiga kali memenangi medali emas Piala Dunia. Orang kerap menyebut Pele sebagai legenda terbesar sepak bola sepanjang masa. Sementara itu, terkait lelang, Pele menyebut bahwa salah satu tujuan pengumpulan dana itu untuk membantu Brasil memerangi pandemi Covid-19.

Saat ini, Brasil mencatatkan 75.000 kematian karena corona. Jumlah ini adalah terbesar kedua di dunia setelah Amerika Serikat. “Pele memang legenda dan ikon dunia. Banyak bintang-bintang olahraga mengarah padanya,” kata Direktur Eksekutif dan CFO Lembaga Lelang Julien yang berbasis di Beverly Hills, Martin Nolan.

Menurut rencana, Pele akan melelang beberapa koleksi jersey-nya. Ia juga akan melelang foto dirinya saat berusia 80 tahun karya Derek Jater. Ia juga akan melelang barang-barang koleksi yang ditandatangani sekondannya di timnas Brasil kala itu, antara lain Rivellino, Jairzinho, dan Clodoaldo.

Selain Pele, dalam kesempatan itu, pelatih Brasil saat menjadi jawara dunia pada 1970 Mario Zagallo juga ikut melelang koleksinya. Mario Zagallo diikuti langkahnya oleh Neymar, Roberto Baggio, dan Roger Milla. Sejatinya, lelang pada 2021 ini bukanlah yang pertama diselenggarakan oleh lembaga kelolaan Pele.

Pada 2016, lembaga itu mengelola lelang untuk 1.600 barang milik Pele selama 60 tahun untuk koleksi. Hasil lelang kala itu besarnya 4,90 juta dollar AS atau sekitar Rp 70,56 miliar. Peyelenggaraan lelang pada 2016 itu berada di Mall Galleries London. Lelang terbuka untuk penawar secara daring. (*)

Sumber: kompas.com

Exit mobile version