Semifinal Piala AFF 2022: Timnas Indonesia Gagal ke Final

Gol kemenangan Timnas Vietnam diborong oleh penyerang mereka Nguyen Tien Linh.

Keributan yang sempat terjadi antara pemain Vietnam dan Timnas Indonesia. Dalam laga ini Indonesia gagal ke final. (AFP)

Keributan yang sempat terjadi antara pemain Vietnam dan Timnas Indonesia. Dalam laga ini Indonesia gagal ke final. (AFP)

BOLA, RADARSUMBAR.COM – Perjalanan Timnas Indonesia di Piala AFF 2022 resmi berakhir. Skuat Garuda tumbang di leg kedua semifinal Piala AFF 2022 dari tangan timnas Vietnam dengan skor 2-0. Gol kemenangan Timnas Vietnam diborong oleh penyerang mereka Nguyen Tien Linh.

Berkat kemenangan ini timnas Vietnam berhasil lolos ke Final Piala AFF 2022 dengan agregat 2-0 setelah di leg pertama pertandingan berakhir dengan skor 0-0. The Golden Star akan menunggu pemenang dari Malaysia vs Thailand di semifinal satunya.

Bermain di depan 40 ribu pendukung setia mereka, Vietnam langsung tancap gas. Anak asuh Park Hang-seo itu langsung membombardir gawang Indonesia dengan serangan-serangan mereka.

Benar saja, baru tiga menit laga berjalan, Vietnam berhasil mencetak gol. Diawali dari umpan panjang Do Hung Dung, Nguyen Tien Linh berhasil lolos dari jebakan offside lalu melepaskan tembakan yang masuk ke gawang Nadeo. Vietnam unggul 1-0 atas Indonesia.

Keunggulan 1-0 itu membuat Vietnam semakin percaya diri untuk menyerang. The Golden Star bahkan mengurung Indonesia di area gawang sendiri. Tensi pertandingan-pun semakin memanas.

Di menit 24 Bui Tien Dung mendapatkan kartu kuning dari wasit usai melanggar Dendy Sulistyawan. Selain itu beberapa pelanggaran keras juga dilepaskan para penggawa Vietnam di laga ini.

Sementara Indonesia sendiri kesulitan untuk mengembangkan permainan. Pressing ketat yang diterapkan Vietnam membuat Indonesia mudah sekali kehilangan bola terutama saat mendekati gawang Vietnam.

Satu-satunya peluang yang cukup berbahaya dari timnas Indonesia dibuat di akhir babak pertama melalui umpan jauh Pratama Arhan yang ditanduk oleh Fachruddin Aryanto.

Namun sayang bola masih melebar dari gawang Vietnam. Skor 1-0 menutup jalannya pertandingan di babak pertama.

Di jeda pertandingan kedua pelatih sama-sama tidak melakukan pergantian pemain. Jalannya pertandingan juga tidak jauh berbeda, di mana timnas Vietnam langsung tancap gas sejak awal.

Baru dua menit laga berjalan, gawang Nadeo kembali bergetar. Nguyen Tien Linh lagi-lagi mencatatkan namanya di papan skor setelah tandukannya memanfaatkan sepak pojok Do Hung Dung berhasil merobek gawang Indonesia. Skor berubah menjadi 2-0 untuk keunggulan tuan rumah.

Tertinggal 2-0, timnas Indonesia mencoba meningkatkan intensitas serangan mereka. Namun lagi-lagi skuat Garuda kesulitan menghadapi pressing ketat dari Vietnam.

Gawang Indonesia nyaris dijebol Nguyen Tuan Hai di menit 58, namun kali ini Nadeo dengan sigap menepis tendangan pemain Vietnam tersebut.

Jual beli serangan antara kedua tim terus berlanjut. Namun baik Indonesia maupun Vietnam sama-sama kesulitan untuk menciptakan peluang berbahaya di laga ini.

Di menit ke-88, timnas Vietnam nyaris mencetak gol ketiga mereka. Pham Tuan Hai berhasil melewati adangan bek-bek Indonesia sebelum melepaskan tembakan mendatar, beruntung Nadeo berhasil menepis peluang tersebut.

Di masa injury time kedua tim masih melakukan jual beli serangan. Namun skor 2-0 bertahan untuk kemenangan Vietnam. (rdr/bola)

Exit mobile version