PSSI Sumbar Tidak Mainkan Liga 3 Zona Sumbar Tahun Ini

Keputusan ini diambil usai keluarnya keputusan PSSI dalam Surat PSSI nomor : 253/UDN/205/I-2023 tanggal 12 Januari 2023 tentang Keputusan Komite Eksekutif PSSI nomor lima bahwa PSSI tidak memutar Liga 3 Nasional musim 2022/2023.

Ketua Panitia Liga 3 Sumbar Yulius Dede. (Antarasumbar/HO)

Ketua Panitia Liga 3 Sumbar Yulius Dede. (Antarasumbar/HO)

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI Sumatera Barat secara resmi menyatakan tidak memutar Kompetisi Liga 3 Zona Sumatera Barat sehubungan hasil Rapat Exco PSSI Pusat yang menghentikan kompetisi Liga 3 putaran Nasional.

Ketua Panitia Pelaksana Liga 3 Sumbar, Yulius Dede di Padang, Jumat mengatakan keputusan ini diambil usai keluarnya keputusan PSSI dalam Surat PSSI nomor : 253/UDN/205/I-2023 tanggal 12 Januari 2023 tentang Keputusan Komite Eksekutif PSSI nomor lima bahwa PSSI tidak memutar Liga 3 Nasional musim 2022/2023.

Kemudian di poin selanjutnya bagi PSSI yang telah dan sedang melaksanakan putaran provinsi Liga 3 musim ini akan mendapatkan kuota lolos ke putaran nasional sesuai hasil dan perhitungan koefisien yang berlaku.

Selanjutnya akan diberikan rekomendasi untuk mendapatkan kuota pada putaran nasional Liga 3 musim mendatang.

Menurut dia hal ini sesuai dengan kesepakatan yang dijalin pihaknya bersama Exco PSSI dan tim peserta Liga 3 2022/2023. “Keputusan ini sudah kami kirimkan ke seluruh peserta Liga 3 Sumbar, PSSI Sumbar dan lainnya,” kata dia.

Ia mengatakan tidak diputarnya Liga 3 Sumbar ini resmi disampaikan kepada seluruh tim Liga 3 zona Sumbar melalui surat dari Panpel dengan nomor 18/Liga 3-SB/I-2023 perihal pemberitahuan.

Sebelumnya Asprov PSSI Sumatera Barat telah menggelar rapat bersama tim peserta dan menyepakati sejumlah hal terkait pelaksanaan Liga 3 zon Sumatera Barat.

Kesepakatan pertama jika PSSI memutar Liga 2 maka Liga 3 zona Sumbar tahun 2022 dilanjutkan sesuai dengan regulasi Liga 3 2022.

Kemudian jika PSSI tidak memutar Liga 2 maka Liga 3 zona Sumbar tahun 2022 tidak dilanjutkan dan Liga 3 2023 dilaksanakan pada tahun 2023 dengan regulasi Liga 3 2023 yang dikeluarkan PSSI.

“Jika Liga 3 zona Sumbar 2023 dilaksanakan untuk klub peserta boleh ditambah,” kata dia.

Ia mengatakan pelaksanaan Liga 3 zona Sumbar menunggu keputusan Rapat Exco PSSI dan keputusan kongres PSSI pusat. “Jika ini sudah ada hasil maka kita dapat mengambil keputusan yang telah kita sepakati bersama,” kata dia,.

Rapat koordinasi ini dihadiri langsung Ketua PSSI Sumbar Indra Dt Rajo Lelo dengan Exco PSSI dan peserta Liga 3 2022 yang digelar di Gedung DPRD Sumatera Barat.

Sebelumnya PSSI Sumbar beserta peserta Liga 3 telah melakukan rapat teknis dan menyepakati Liga 3 Sumbar 2022 akan akan diikuti 21 tim sepakbola yang menjadi anggota Asprov PSSI Sumbar yang dibagi dalam empat grup. Ada empat venue yang disiapkan menggelar pertandingan ini.

Ia mengatakan empat venue pertandingan tersebut adalah Stadion Ahmad Karim Tigo Nagari Pasaman Barat, Stadion H. Ilyas Yakub Painan Kabupaten Pesisir Selatan, Stadion Singa Harau, Salilamak Kabupaten Lima Puluh Kota dan Stadion Mini Persikatim, Sikapak Timur Kota Pariaman.

Pembagian grup Liga 3 zona Sumbar 2022 ini mulai dari Grup A yang ditempati tuan rumah PSKPS Pasaman, Persiku Sijunjung, PSBB Batusangkar, PSPP Padang Panjang, PSP Padang dan PSKB Bukittinggi yang akan digelar di Stadion Ahmad Karim, Tigo Nagari Pasaman Barat.

Untuk Grup B yang digelar di Stadion Singa Harau, Salilamak Kabupaten Lima Puluh Kota ditempati PES Pessel, Gumarang FNKB, PS. Machcudum’s, Persepak Payakumbuh dan Persepar Pariaman.

Kemudian Grup C ditempati lima tim yakni tuan rumah Gasliko 50 Kota, GMR FC Tanah Datar, Kompak Kampung Pisang, PS. Pasbar dan PS Dharmasraya.

Terakhir di Grup D yang digelar Stadion Mini Persikatim, Sikapak Timur Kota Pariaman ditempati tuan rumah Persikopa Kota Pariaman, KLA-Dentis FC, Batang Anai FC, Absolute FC dan Sukur FC. (rdr/ant)

Exit mobile version