Timnas Indonesia U-23 Lolos ke Piala Asia 2024, Ini Fakta Menariknya!

Timnas Indonesia U-23 memastikan tiket ke Qatar usai menjadi juara Grup K Kualifikasi Piala Asia U-23 2024 dengan mengalahkan Taiwan dan Turkmenistan.

Selebrasi Timnas U-23 usai pastikan lolos ke Piala Asia. (dok. PSSI)

Selebrasi Timnas U-23 usai pastikan lolos ke Piala Asia. (dok. PSSI)

BOLA, RADARSUMBAR.COM – Sederet fakta menarik mengiringi keberhasilan Timnas Indonesia U-23 melangkah ke Piala Asia U-23 2024 yang akan berlangsung di Qatar.

Timnas Indonesia U-23 memastikan tiket ke Qatar usai menjadi juara Grup K Kualifikasi Piala Asia U-23 2024 dengan mengalahkan Taiwan dan Turkmenistan.

Untuk kali pertama Indonesia akan tampil pada turnamen kelompok umur level kontinental yang sudah dimulai pada 2013 tersebut.

Selain itu terdapat pula fakta menarik lain mengenai keberhasilan Timnas Indonesia U-23 ke Piala Asia U-23 2024. Berikut selengkapnya dilansir dari CNN Indonesia:

Timnas Indonesia menjadi juara Grup K Kualifikasi Piala Asia U-23 2024 dengan menuai dua kemenangan tanpa kebobolan.

Tim Merah Putih secara total mengemas 11 gol, dengan perincian sembilan gol disarangkan ke gawang Taiwan dan dua lainnya saat bertemu Turkmenistan.

Marselino Ferdinan dan Pratama Arhan menjadi top skor bagi Timnas Indonesia U-23 pada fase kualifikasi. Marselino dan Arhan mencetak dua gol.

Marselino memborong dua gol dalam kemenangan besar Timnas Indonesia U-23 atas Taiwan. Sementara Arhan mencetak satu gol masing-masing ke gawang Taiwan dan Turkmenistan.

Pratama Arhan selalu menjadi pencetak gol penutup Timnas Indonesia U-23 dalam laga kualfikasi. Saat Indonesia bertemu Taiwan, Arhan mencetak gol pada menit ke-85. Sementara pemain Tokyo Verdy itu membobol gawang Turkmenistan pada saat injury time babak kedua.

Marselino mencetak dua gol ke gawang Taiwan bertepatan dengan hari ulang tahun ke-19 pada 6 September 2023.

Kemenangan 9-0 yang dibukukan Timnas Indonesia U-23 saat menghadapi Taiwan bukan kemenangan terbesar di ajang Kualifikasi Piala Asia U-23 2024. Rekor skor terbesar yang tercipta pada fase penyisihan ini dibuat Irak yang mengalahkan Makau 13-0.

Terdapat sembilan pemain Indonesia yang mencetak gol selama babak kualifikasi. Selain Marselino dan Arhan yang mencetak dua gol, terdapat pula Ramadhan Sananta, Rafael Struick, Witan Sulaeman, Ilham Rio Fahmi, Elkan Baggott, Hokky Caraka, dan Ivar Jenner yang masing-masing membuat satu gol.

Indonesia merupakan salah satu negara yang mencatatkan clean sheet dalam laga kualifikasi selain Thailand, Uni Emirat Arab, Yordania, Korea Selatan, dan Jepang.

Sebelumnya, Timnas U-23 berhasil mencetak sejarah dengan lolos untuk kali pertama ke putaran final Piala Asia U-23 di Qatar pada 2024. Kepastian ini diperoleh usai membungkam perlawanan timnas Turkmenistan 2-0.

Dua gol itu dicetak Ivar Jenner pada menit ke-41 dan Pratama Arhan pada menit ke-92 dalam laga kedua babak Kualifikasi Piala Asia U-23 Grup K di Stadion Manahan, Surakarta, Jawa Tengah, Selasa (12/9/2023) malam.

Hasil ini membuat skuat asuhan Shin Tae-yong melenggang mulus lantaran menjadi pemuncak klasemen Grup K dengan raihan enam poin dan selisih gol 10-0. Dan berhak untuk melaju ke Piala Asia 2024.

Ketua Umum PSSI Erick Thohir bersyukur Marselino dan kawan-kawan dapat memberikan hasil terbaik bagi Indonesia.

“Alhamdulillah, kita lolos Piala Asia U-23 untuk pertamakali sepanjang sejarah. Ini bukti kalau kita bisa,” ujar Erick selepas pertandingan.

Erick mengapresiasi perjuangan Garuda Muda yang tampil begitu tenang dan tidak terpancing provokasi lawan.

“Selamat kepada seluruh pemain, pelatih, dan official, kalian layak mendapatkannya setelah berjuang begitu keras, baik dalam latihan maupun pertandingan,” ucap Erick. (rdr)

Exit mobile version