Sumbar Kirimkan 227 Atlet ke Porwil XI di Riau, Targetnya Juara Umum

Sumbar mengirimkan 227 orang atlet untuk 10 cabang olahraga yang dipertandingkan masing-masing 156 putra dan 71 atlet putri.

Prosesi pelepasan atlet Sumbar yang akan berlaga dalam Porwil XI di Riau sekaligus sebagai ajang seleksi menuju PON XXI di Aceh. (Dok. Dispora Sumbar)

Prosesi pelepasan atlet Sumbar yang akan berlaga dalam Porwil XI di Riau sekaligus sebagai ajang seleksi menuju PON XXI di Aceh. (Dok. Dispora Sumbar)

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Pemerintah Provinsi Sumatera Barat menargetkan bisa menjadi juara umum dalam Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) XI di Provinsi Riau 4-14 November 2023.

“Semakin banyak medali emas yang diraih atlet akan semakin baik karena Porwil juga menjadi salah satu seleksi untuk PON XXI di Aceh,” kata Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sumbar, Maifrizon di Padang, Jumat.

Menurutnya untuk Porwil XI di Riau, Sumbar mengirimkan 227 orang atlet untuk 10 cabang olahraga yang dipertandingkan masing-masing 156 putra dan 71 atlet putri.

Selain itu juga dikirimkan 46 pelatih dan enam orang ofisial untuk mendampingi atlet selama mengikuti pertandingan sehingga total kontingen dari Sumbar berjumlah 279 orang.

Ia menyebut kontingen Sumbar untuk berlaga dalam ajang olahraga wilayah Sumatera itu sudah dilepas oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Sumbar, Hansastri dan sekarang sudah berada di Riau.

Sementara itu Kepala Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Dispora Sumbar, Tasliatul Fuadi menyebut atlet yang dikirim tersebut akan mengikuti seluruh cabang olahraga yang dipertandingkan.

Porwil XI di Riau mempertandingkan 114 nomor dari 10 cabang olahraga (Cabor) masing-masing atletik, barongsai, bola tangan, bola voli indoor, catur, e-sport, wushu, renang, sepak bola, dan sepak takraw.

Ia mengatakan sesuai kesepakatan dalam rapat kerja KONI Sumbar, peraih medali emas dalam Porwil XI Riau akan dikirimkan untuk mengikuti PON 2024 di Aceh.

“Untuk seleksi atlet yang bisa mengikuti PON ada dua jalur. Pertama Kejurnas Pra PON dan Porwil. Namun karena persaingan di Porwil hanya tingkat Sumatera, maka disepakati yang dikirimkan ke PON hanya peraih medali emas,” katanya.

Sementara itu untuk seleksi jalur Kejurnas Pra PON, sebagian cabang olahraga sudah selesai dilaksanakan seperti silat. Namun Fuadi menyebut pihaknya belum mendapatkan data resmi dari KONI Sumbar.

“Nanti setelah pelaksanaan Porwil XI, kita bisa tahu berapa atlet dan cabang olahraga yang akan dikirimkan ke PON XXI di Aceh,” ujarnya. (rdr/ant)

Exit mobile version