Nathan Tjoe-A-On dan Jay Idzes Siap untuk Disumpah WNI

Proses naturalisasi untuk Nathan Tjoe-A-On dan Jay Idzes ini berlangsung dengan cepat.

Dua pemain naturalisasi Indonesia, Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On sudah disetujui di DPR RI. (dok. istimewa)

Dua pemain naturalisasi Indonesia, Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On sudah disetujui di DPR RI. (dok. istimewa)

BOLA, RADARSUMBAR.COM – Presiden RI Joko Widodo akhirnya telah mengeluarkan surat Keputusan Presiden (Keppres) untuk proses naturalisasi Nathan Tjoe-A-On dan Jay Idzes.

Untuk itu, saat ini mereka hanya perlu datang untuk menjalani sumpah menjadi Warga Negara Indonesia (WNI). Seperti diketahui, proses naturalisasi untuk Nathan Tjoe-A-On dan Jay Idzes ini berlangsung dengan cepat.

Setelah pekan lalu, pengajuan naturalisasi dari Nathan dan Jay ini mendapat persetujuan dari DPR RI. Akhirnya, PSSI memberi kabar baik terkait proses naturalisasi kedua pemain keturunan Indonesia ini.

Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI Arya Sinulingga mengatakan bahwa soal proses naturalisasi Nathan dan Jay sudah mendapatkan Keppres.

Ia memastikan bahwa Presiden RI Joko Widodo sudah menandatangani naturalisasi kedua pemain tersebut. Untuk itu, saat ini PSSI hanya tinggal menunggu proses kedatangan dua pemain tersebut untuk menjalani sumpah menjadi WNI,

“Saat ini, kita sedang menunggu waktu yang dimiliki Jay Idzes dan Nathan untuk bisa ke Indonesia, untuk mengambil sumpah, kenapa? Karena setelah kemarin proses ke DPR.”

“Kita berterima kasih kepada pimpinan DPR, kemudian juga pimpinan Komisi III dan anggotanya, serta pimpinan Komisi X dan anggotanya, sehingga keputusan DPR kemarin, termasuk paripurna juga, kepada Presiden kita berterima kasih,” ujar Arya Sinulingga kepada awak media.

Dengan proses cepat ini, tentu saja Arya berterima kasih kepada semua pihak yang telah menyetujui proses naturalisasi Nathan dan Jay. Bahkan Presiden Jokowi dengan cepat sudah menyetujui untuk naturalisasi kedua pemain ini.

Tentu saja ini menjadi kabar baik buat timnas Indonesia. Pasalnya, Timnas Indonesia juga telah dinanti banyak agenda di awal tahun 2024 nanti.

Tim asuhan Shin Tae-yong bakal bermain di Piala Asia 2023 pada 12 Januari hingga 10 Februari 2024. Dengan begitu, skuad Garuda bakal menambah kekuatan penuh apabila Nathan dan Jay bisa menjalani sumpah dalam waktu dekat.

“Kita juga berterima kasih kepada Mensesneg (Pratikno) dan Presiden Jokowi yang mengeluarkan Keppres kewarganegaraan Jay dan Nathan,” kata Arya.

Saat ini PSSI memang tinggal menunggu kedatangan Nathan yang saat ini tengah berkarier di klub Liga Inggris Swansea City.

Tak hanya Nathan, PSSI juga menunggu kedatangan Jay Idzes yang saat ini bermain di klub kasta kedua Liga Idalia yakni Venezia.

Menurut Arya saat ini kedua pemain ini hanya tinggal datang dan menjalani sumpah untuk bisa segera berseragam timnas Indonesia.

“Kita tinggal menunggu waktu yang dimiliki Jay dan Nathan untuk bisa ke Indonesia mengambil sumpah,” ucap Arya.

“Setelah itu, KTP dan Paspor akan diurus juga, sama seperti Justin Hubner,” tambahnya.

Untuk itu, saat ini PSSI masih menunggu kedatangan Nathan dan Jay buat menjalani sumpah. Arya berharap kedua pemain ini bisa segera ke Indonesia, sehingga nantinya mereka bisa langsung melakoni semua prosesnya.

“Kita harapkan Jay dan Nathan bisa segera ke Indonesia untuk proses-proses yang lebih cepat,” tuturnya. (rdr/bolasport)

Exit mobile version