Jelang PON XXI Aceh-Sumut 2024, IPSI Sumbar Targetkan Juara Umum

Salah satu yang menjadi kendala terbesar kita adalah adanya rasa tertinggal antara silat tradisi dan silat prestasi. Padahal keduanya adalah sama-sama pundi emas bagi Sumbar di iven apapun, termasuk PON.

Raker Pengprov IPSI Sumbar di Ibis Hotel. (dok. Radarsumbar.com)

Raker Pengprov IPSI Sumbar di Ibis Hotel. (dok. Radarsumbar.com)

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Jelang perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumuat yang akan digelar pada 8 hingga 20 September 2024 mendatang, Pengurus Provinsi (Pengprov) Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Sumbar memasang target juara umum di cabor tersebut.

Ketua Umum IPSI Sumbar, Supardi dalam Rakerprov IPSI Sumbar 2023 di Hotel Ibis Padang, Jumat (29/12/2023) malam, mengatakan, saat ini yang harus dilakukan adalah merubah mindset dari para atlet dan pengurus.

Hadir dalam pembukaan Rakerprov tersebut Ketum IPSI Sumbar Supardi, Ketum KONI Sumbar Roni Pahlawan, Ketua Harian Ismunandi Sofyan dan Martias Wanto serta semua pengurus daerah IPSI se-Sumatera Barat.

“Salah satu yang menjadi kendala terbesar kita adalah adanya rasa tertinggal antara silat tradisi dan silat prestasi. Padahal keduanya adalah sama-sama pundi emas bagi Sumbar di iven apapun, termasuk PON,” tutur Supardi mengawali sambutannya di hadapan semua pengurus IPSI Sumbar dan daerah.

Dia menyebut, semua daerah di Sumbar ini memiliki potensi atlet pencak silat yang luar biasa, jadi tidak hanya terpaku di Kota Padang saja. Setidaknya, semua pengurus daerah juga harus menggali potensi di daerah masing-masing.

“Makanya, kita akan adakan TC Regional hingga PON ini dihelat nantinya. Kita tak ingin lagi kecewa dengan hasil yang didapatkan nanti. Tentunya, para pengurus harus bisa fokus terhadap ini,” tambahnya.

“Guna mencapainya, ya kita adakan rapat, kemudian lakukan kajian terhadap kolaborasi tradisi dan prestasi. Sebab, strategi ini perlu untuk dilakukan agar prestasi pencak silat kita lebih baik lagi,” katanya.

Selain itu, dia menyebut, dengan segala keterbatasan, IPSI Sumbar sendiri mematok target medali untuk semua atlet yang akan berlaga nantinya. “Dari tujuh atlet, kita pengen semua dapat medali (emas),” tuturnya.

Sementara itu, Ketua KONI Sumbar, Roni Pahlawan mengatakan, pihaknya menaruh harapan besar kepada cabor Pencak Silat. Dimana, Sumbar ini memang dikenal dengan raja pencak silat hingga ke iven Internasional.

“Makanya, saya langsung mengecek semua persiapan dari IPSI Sumbar. Tapi, itu tadi, kita kurang di bidang artistik (seni),” jelasnya.

Pria yang akrab dipanggil Ompa ini juga menyebutkan, pihaknya juga memasang target medali untuk cabor Pencak Silat di PON kali ini. Yakni, ada tujuh medali yang berpotensi bisa didapat, berkaca dari hasil Pra PON lalu.

“Saat ini, cabor Pencak Silat juga salah satu yang siap tempur untuk PON. 3 emas 1 perak 3 perunggu yang didapatkan pada Pra PON lalu semmoga bisa bertambah. Itu sudah catatan yang bagus,” ujarnya.

Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Sumatera Barat (Sumbar) sendiri sudah menyabet tiga medali emas, satu perak dan tiga perunggu pada ajang babak kualifikasi Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024, Oktober lalu.

Ajang babak kualifikasi ini merupakan momen penting bagi para pesilat Sumbar untuk meningkatkan prestasi sekaligus untuk meraih tiket PON 2024. (rdr)

Exit mobile version