Begini Skenario jika Indonesia Ingin Lolos 16 Besar Piala Asia 2023

Press match jelang laga Indonesia vs Irak di Piala Asia 2023. (dok. PSSI)

Press match jelang laga Indonesia vs Irak di Piala Asia 2023. (dok. PSSI)

JAKARTA, RADARSUMBAR.COM – Berikut skenario hitung-hitungan Timnas Indonesia lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023. Ada dua rute yang terbuka buat Skuad Garuda.

Keempat tim di Grup D, yang dihuni Indonesia bersama Irak, Jepang, dan Vietnam, masing-masing sudah melakoni dua pertandingan di Piala Asia 2023 sejauh ini. Hasilnya, satu tim dipastikan lolos dan satu tim tersingkir.

Apapun hasil di Matchday 3 Piala Asia 2023, Irak sudah dipastikan melaju ke babak 16 besar sedangkan Vietnam tersingkir dan menjadi juru kunci — karena kalah head to head dari Jepang dan Indonesia.

Berikut hasil dan klasemen Grup D untuk memberikan gambaran lebih lanjut:

Hasil Grup D Piala Asia 2023

– Jepang vs Vietnam: 4-2
– Indonesia vs Irak: 1-3
– Irak vs Jepang: 2-1
– Vietnam vs Indonesia: 0-1

Yang tersisa dari Grup D Piala Asia 2023 saat ini adalah dua partai lagi di matchday ketiga. Ada Jepang vs Indonesia dan Irak vs Vietnam. Kedua laga dimainkan bersamaan, Rabu (24/1/2024) pukul 18.30 WIB.

Secara khusus mengenai peluang lolos Indonesia, peluang meraih tiket 16 besar Piala Asia 2023 terbuka lewat dua jalur. Yang pertama adalah jalur runner-up Grup D dan jalur kedua dengan menjadi salah satu tim peringkat ketiga terbaik.

Dari situasi di papan klasemen Piala Asia 2023, Jepang pegang keuntungan atas Indonesia. AFC menyebut, hasil seri di antara kedua tim sudah akan membuat Samurai Biru lolos sebagai runner-up Grup D.

Skenario Grup D

– Irak dipastikan lolos ke 16 besar sebagai juara grup, apapun yang terjadi di partai terakhir melawan Vietnam.

– Vietnam dipastikan tersingkir sebagai juru kunci Grup D. Jika pun menang melawan Irak di laga terakhir, Vietnam tetap kalah head to head dari Indonesia dan Jepang sehingga terkunci di posisi buncit.

– Jepang akan lolos ke 16 besar sebagai runner-up Grup D jika menang atau imbang melawan Indonesia. Hasil imbang akan bikin Jepang dan Indonesia setara dalam head to head, tapi Jepang kemudian unggul dalam hal selisih gol. Jepang juga dipastikan tidak bisa finis lebih tinggi daripada Irak karena sudah kalah secara head to head.

– Indonesia wajib mengalahkan Jepang untuk bisa menjadi runner-up Grup D.

Di luar jalur kelolosan sebagai runner-up Grup D, Jepang dan Indonesia saat ini juga memiliki peluang untuk lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023 andaikata bisa menjadi salah satu tim berperingkat ketiga terbaik.

Dari enam grup di ajang ini, empat tim terbaik yang finis di posisi ketiga klasemen akhir masing-masing grup tersebut berhak maju ke 16 besar Piala Asia 2023 untuk menemani 12 tim juara dan runner-up grup. Untuk sementara Indonesia, dari Grup D, bertengger di posisi teratas klasemen tim peringkat ketiga terbaik.

Dengan kata lain, Indonesia masih punya peluang lolos ke 16 besar Piala Asia 2023 jika pun tidak mampu mengalahkan Jepang di partai matchday terakhir fase grup. Caranya adalah dengan menjadi salah satu tim berperingkat ketiga terbaik.

Namun, dalam skenario itu, Skuad Garuda harus lebih dulu menunggu nasib dengan tuntasnya laga-laga di grup lain. Walaupun sejauh ini, paling tidak, sudah punya “tabungan” sebagai satu-satunya tim peringkat ketiga yang telah mampu meraih satu kemenangan. (rdr/detik)

Exit mobile version