Menghitung Peluang Semen Padang FC Lolos ke Semifinal Liga 2

Duel kontra tim Laskar Rencong di Stadion GOR Haji Agus Salim Padang ini menjadi peluang terakhir SPFC untuk Lolos ke semifinal. Sebaliknya, Persiraja hanya butuh hasil imbang untuk menjadi juara grup.

Logo Semen Padang FC. (net)

Logo Semen Padang FC. (net)

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Semen Padang FC (SPFC) akan melakoni laga pekan terakhir babak 12 besar Pegadaian Liga 2 2023/2024 menghadapi Persiraja. Laga ini adalah laga hidup mati bagi tim Kabau Sirah.

Duel kontra tim Laskar Rencong di Stadion GOR Haji Agus Salim Padang ini menjadi peluang terakhir SPFC untuk Lolos ke semifinal. Sebaliknya, Persiraja hanya butuh hasil imbang untuk menjadi juara grup.

Semen Padang FC bisa dikatakan saat ini berada di ujung tanduk dan terancam tak lolos jika tak memaksimalkan laga terakhir ini. Jika kalah, tim kebanggaan masyarakat Sumbar ini harus kembali berlaga di Liga 2.

Namun, hal itu juga tidak sepenuhnya jadi pertimbangan. Sebab, jika menang dan lolos ke semifinal, tim asuhan Delfiadri ini juga harus menang lagi untuk bisa mencapai babak final.

Klasemen sementara di grup X menjadi salah satu alasan Semen Padang FC berada di posisi sulit. Dengan 7 Poin dari 5 kali bertanding (1 menang dan 4 seri), Kenneth Ngwoke dan kawan-kawan saat ini berada di peringkat 2.

Artinya, SPFC tertinggal 2 poin dari Persiraja Banda Aceh yang saat ini menjadi pemuncak dengan 9 poin. Kondisi ini tentu saja membuat SPFC benar-benar bergantung pada hasil laga terakhir mereka pada Sabtu (3/2/2024).

Salah satu keuntungan yang didapat tim Kabau Sirah adalah bertanding di kandang sendiri. Merunut dari hasil akhir di putaran grup lalu dan juga di laga terakhir, SPFC menang telak 4-0 melawan Persiraja.

Pastinya, tim yang memenangkan laga ini sudah jelas menjadi pemuncak klasemen dan lolos ke semifinal. Semen Padang FC harus menang, sedangkan Persiraja cuma perlu menutup lawatannya dengan skor imbang.

Jika itu terjadi, satu-satunya peluang terakhir yang dimiliki Semen Padang FC adalah lolos semifinal dari jalur peringkat 2 terbaik pada klasemen khusus Runner Up dari 3 grup yang ada.

Tapi sayangnya, saat ini peringkat 2 terbaik diduduki Malut United FC. Ditambah lagi, jika pada laga terakhir melawan Deltras Sidoarjo yang juga sama-sama butuh kemenangan.

Jika Malut United FC menang, pupuslah harapan tim Kabau Sirah. Tapi, jika Deltras Sidoarjo mampu menang lebih dari tiga gol melawan Malut United FC, ini akan jadi keuntungan untuk Semen Padang FC. (rdr)

Exit mobile version