Rusuh Suporter di El Classico Liga 1 Berbuntut Sanksi, Persib harus Menanggung Ini!

Persib Bandung menerima sanksi untuk dua pertandingan berikutnya tanpa kehadiran penonton di BRI Liga 1 dan juga menutup tribun suporter di tiga laga berikutnya.

Rusuh suporter Persib saat lawan Persija di BRI Liga 1 2024/2025. (dok. Pikiran Rakyat)

Rusuh suporter Persib saat lawan Persija di BRI Liga 1 2024/2025. (dok. Pikiran Rakyat)

BOLA, RADARSUMBAR.COM – Komite Disiplin PSSI telah memberikan sanksi kepada panitia penyelenggara pertandingan Persib Bandung akibat kerusuhan yang dilakukan oleh para suporternya, Bobotoh pada BRI Liga 1 2024/2025.

Kericuhan terjadi setelah Persib Bandung berhasil mengalahkan Persija Jakarta dengan skor 2-0 pada pekan keenam di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, pada 23 September 2024.

PSSI memutuskan untuk menghukum Persib Bandung karena telah melanggar dengan ‘terjadinya penyalaan flare dalam jumlah besar, serta pelemparan botol air mineral ke arah steward di tepi lapangan’.

Selain itu, pelanggaran lain yang teridentifikasi adalah “masuknya penonton ke dalam area lapangan yang menyebabkan penganiayaan, kerusuhan, serta adanya korban luka.”

Sebagai konsekuensi dari pelanggaran tersebut, Persib Bandung menerima sanksi untuk dua pertandingan berikutnya tanpa kehadiran penonton di BRI Liga 1.

Tim yang dikenal dengan julukan Pangeran Biru ini dipastikan tidak akan mendapatkan dukungan dari Bobotoh saat menghadapi Persebaya Surabaya dan Semen Padang FC pada tanggal 18 Oktober 2024 dan 1 November 2024.

Selain itu, pada tiga pertandingan kandang terakhir di putaran pertama BRI Liga 1 melawan Borneo FC Samarinda pada 22 November 2024, Malut United pada 13 Desember 2024, dan Persita Tangerang pada 22 Desember 2024, Persib juga harus menutup tribun utara dan selatan.

“Komisi Disiplin PSSI memutuskan bahwa sanksi bagi tuan rumah meliputi larangan mengadakan pertandingan dengan penonton hingga paruh musim BRI Liga 1 2024/2025.”

“Rinciannya mencakup penutupan total stadion untuk dua pertandingan berturut-turut yang akan segera dilaksanakan,” ungkap Komdis PSSI.

“Selanjutnya, terdapat penutupan sebagian stadion, yaitu tribun utara dan selatan, untuk tiga pertandingan berturut-turut serta denda sebesar Rp295 juta,” tambahnya.

Keputusan ini diambil oleh Komdis PSSI setelah sidang pada 1 Oktober 2024 dan diumumkan oleh PSSI melalui situs resminya pada Jumat, 4 Oktober 2024.

Panitia Penyelenggara Pertandingan Klub Persib Bandung

(rdr/merdeka)

Exit mobile version