Tukang Survei Mahyeldi-Vasko Unggul, Sebelumnya Juga Survei Otewe

Secara metodologi keilmuan, semua hasil survei wajib diterima, apalagi dilakukan dengan metodologi keilmiahan yang tepat maka semua orang harus mempercayainya secara kaedah keilmuan akademik.

Survei Voxpol Center Pilgub Sumbar 2024. (dok. istimewa)

Survei Voxpol Center Pilgub Sumbar 2024. (dok. istimewa)

Survei nasional merilis Mahyeldi-Vasko Unggul sangat tinggi sekali yaitu 70,3%, sedangkan kompotitor dibawah 20%an, Jika diadakan pencoblosan hari ini itu hasilnya, Penulis antara percaya dengan tidak percaya dengan survei tersebut.

Oleh: Labai Korok Piaman

Namun secara metodologi keilmuan, semua hasil survei wajib diterima, apalagi dilakukan dengan metodologi keilmiahan yang tepat maka semua orang harus mempercayainya secara kaedah keilmuan akademik.

Voxpol center merupakan lembaga survei terakreditasi nasional tentu sama-sama dihormati, apalagi selentingan info politik Penulis dapat menyebutkan bahwa voxpol center ini sebelum Epyardi memutuskan maju sebagai calon Gubernur Sumatra Barat juga memakai jasa lembaga tersebut.

Tukang Survei Epyardi dahulu juga lembaga yang hari ini mengatakan Buya Mahyeldi-Vasko surveinya unggul tinggi, tidak Buya Mahyeldi-Vasko memakai jasanya.

Perlu Penulis jelaskan lagi Voxpol Center merilis survei elektabilitas Pilgub Sumatera Barat (Sumbar) 2024. Hasilnya, Mahyeldi-Vasko Ruseimy mendapatkan 70,3% dan Epyardi Asda-Ekos Albar 16,8%. Ngeri-ngeri sedap’ ni barang.

Survei Voxpol Center Research and Consulting dilakukan dari tanggal 7 hingga 16 Oktober 2024, dengan populasi sampel tersebar dari 19 kabupaten dan kota.

Jumlah total sampel adalah 800 orang, dengan proporsi 50 berbanding 50 antara laki-laki dan perempuan. Margin of error survei ini lebih kurang 3,47 persen, dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Metode yang digunakan adalah survei tatap muka dengan aplikasi Android i-Voxpol untuk memastikan data yang terukur, dan dilakukan double spotcheck terhadap 20 persen dari total sampel secara acak. Responden tersebar proporsional di 19 kabupaten dan kota.

CEO Voxpol Center Research and Consulting, Pangi Syarwi Chaniago mengatakan, popularitas dan elektabilitas Mahyeldi-Vasko linear dengan tingkat keterkenalan dan rasa suka dari responden yang disurvei.

Sebagai salah satu tim pemenangan Mahyeldi-Vasko, sekarang menjadi was-was cemas, hasil survei yang dirilis voxpol center itu menjadi beban tersendiri bagi Penulis.

Yaitu, jangan sampai survei ini membuat tim sukses, relawan, simpatisan, pendukung, masyarakat ingin Buya Mahyeldi-Vasko memimpin Sumbar melemah semangatnya, dikarena hasil surve sudah menang.

Tapi Penulis berpikir bahwa dengan hasil survei seperti itu membuat Kita barisan Mahyeldi-Vasko, kesemua bersemangat memenangkan Mahyeldi-Vasko, memastikan kemenangan itu terwujud pada tanggal 29 November 2024. (**)

Exit mobile version