Surfa Yondri ke 2.356 Mahasiswa Baru PNP: Kalian Pemenang

Pembukaan PKKMB untuk mahasiswa baru Politeknik Negeri Padang tahun ajaran 2024/2025 sekaligus penandatanganan nota kesepahaman dengan sejumlah mitra dan lembaga. (Foto: Dok. PNP)

Pembukaan PKKMB untuk mahasiswa baru Politeknik Negeri Padang tahun ajaran 2024/2025 sekaligus penandatanganan nota kesepahaman dengan sejumlah mitra dan lembaga. (Foto: Dok. PNP)

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) Politeknik Negeri Padang (PNP) Tahun Akademik 2024/2025 resmi dibuka secara resmi, Senin (12/8/2024) pagi. Kegiatan yang dipusatkan di gedung Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM) ini diikuti 2.356 peserta.

Direktur PNP, Surfa Yondri menyampaikan ucapan selamat kepada 2.356 mahasiswa baru yang telah memenangkan persaingan di tengah ketatnya seleksi masuk PNP. Pada tahun ini, katanya, peminat masuk PNP mencapai 20 ribu orang.

“Seleksi yang ketat ini menjadi upaya yang dilakukan PNP dalam mendapatkan mahasiswa terbaik, yang sudah bersaing secara nasional dari berbagai seleksi penjaringan mahasiswa baru yang dilakukan tahun ini,” katanya.

Menurutnya, penerimaan mahasiswa baru tahun akademik 2024/2025 telah dilakukan melalui jalur Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP), Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) dan juga Seleksi Mandiri Konsorsium Politeknik Negeri (SM-KPN).

Ia mengungkapkan seleksi yang ketat tersebut diantaranya pada Program Studi Alat Berat. Perbandingan 1 berbanding 54 antara yang diterima dengan yang mendaftar.

“Alat berat ini menjadi prodi kami di PNP yang paling sangat diminati, baik kelas kerjasama PT Trakindo maupun kelas reguler peminatnya sangat tinggi,” katanya.

Sebelum memulai mengikuti perkuliahan di PNP, katanya, seluruh mahasiswa baru PNP Tahun Akademik 2024/2025 wajib mengikuti PKKMB, rangkaian kegiatan Pra-PKKMB dan juga mengikuti Pendidikan dan Latihan Pembinaan Mental, Fisik dan Kedisiplinan (Bintal Fisdis) di Secata B Rindam I Bukit Barisan, di Kota Padang Panjang.

“Bintal Fisdis ini wajib diikuti mahasiswa baru PNP dalam rangka pembentukan mental, karakter dan disiplin. Mudah-mudahan, bekal yang didapat di Secata B Padang Panjang tersebut dapat diaplikasikan dalam kehidupan kampus serta melahirkan Sumber Daya Manusia (SDM) disiplin yang bisa diterima masyarakat,” katanya.

Surfa Yondri juga blak-blakan mengungkap suksesnya input proses dan output yang dilakukan PNP dalam menghasilkan lulusan yang kompeten, berdaya saing antar bangsa, bermartabat dan bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa.

Menurutnya, hal tersebut tidak terlepas dari peran dosen, tenaga kependidikan (gadik) dan mitra kerjasama dengan kolaborasi yang mendukung program yang dilaksanakan PNP. Dan juga lulusan kampus vokasi tersebut telah banyak berkiprah di dunia kerja.

“Saat ini adik-adik mahasiswa baru telah berada di PNP, ikuti kegiatan PKKMB ini dengan baik untuk mengenal lebih dekat lingkungan kampus yang akan menjadi tempat menuntut ilmu, mendapatkan bekal dalam menyongsong masa depan,” katanya.

Sementara itu, Ketua Pelaksana PKKMB PNP, Fahrul Rozi mengatakan, kegiatan ini dilakukan seluruh mahasiswa baru PNP dengan total mencapai 2.356 orang mahasiswa baru yang tersebar di 7 jurusan di PNP.

“Kegiatan PKKMB PNP ini selain yang dipusatkan di kampus PNP Limau Manis ini juga diikuti secara online di kampus PSDKU PNP yang tersebar di tiga daerah, yakni Tanah Datar, Solok Selatan dan PSDKU Pelalawan, Provinsi Riau,” katanya.

Setelah sebelumnya dilaksanakan kegiatan Pra PKMMB, pada Kamis dan Jumat (8-9/8/2024) lalu, kata pria yang akrab disapa Oji tersebut, selama empat hari ke depan dilaksanakan berbagai rangkaian kegiatan PPKMB PNP.

“PKKMB PNP berlangsung dari Senin hingga Kamis mendatang. Kemudian Jumat (16/8/2024) dilakukan kegiatan serah terima mahasiswa baru dan Sabtu (17/8/2024) mengikuti upacara HUT RI. Harapan kami kegiatan ini berjalan lancar dan bermanfaat bagi kita semua,” katanya.

Dalam kegiatan pembukaan PKKMB PNP tersebut juga dilaksanakan penandatanganan nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) antara PNP dengan sejumlah mitra kerja dari berbagai bank dan juga pelantikan Satgas Anti Narkoba dan Duta Anti Narkoba PNP yang bekerjasama dengan Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sumatera Barat. (rdr)

Exit mobile version