Disdikbud Padang Targetkan 55 Persen Siswa SMP Diterima melalui Jalur Zonasi

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Padang, Yopi Krislova. (Istimewa)

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Padang, Yopi Krislova. (Istimewa)

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Padang Yopi Krislova mengatakan, Disdikbud telah membuka Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2024, untuk siswa SLTP sederajat melalui jalur zonasi.

“PPDB jalur zonasi untuk siswa SLTP sederajat telah mulai dibuka sejak Kamis 13 Juni 2024,” kata Yopi saat diwawancara, Sabtu (15/6/2024).

Yopi menambahkan, untuk penerimaan siswa SLTP/sederajat tahun ini, Disdikbud Padang menargetkan maksimal 55 persen melalui sistem zonasi, 17 persen melalui afirmasi, perpindahan tugas orang tua/wali lima persen, dan jalur prestasi minimal 23 persen.

Sebelumnya, kata Yopi, Disdikbud Padang juga telah membuka penerimaan siswa SLTP/sederajat melalui jalur prestasi non akademik pada 13 Juni 2024.

Lebih lanjut Kadis menjelaskan, untuk PPDB tahap I dimulai tanggal 13-16 Juni 2024, dan akan diumumkan pada tanggal 19 Juni 2024.

Kemudian pendaftaran ulang sekolah akan dimulai 20-22 Juni 2024.

“Kita berharap khusus masyarakat yang berada pada jalur tahap zonasi SMP ini kita terima 55 persen, tentu harus memberikan data yang akurat untuk menarik titik koordinat pada jalur zonasi,” tuturnya.

Sementara bagi siswa yang tidak diterima pada jalur zonasi, Disdikbud Padang akan membuka penerimaan siswa tahap dua secara daring, mulai tanggal 23-26 Juni 2024.

“PPDB tahap dua tersebut diperuntukkan untuk siswa melalui jalur afirmasi, perpindahan tugas orangtua/wali murid dan jalur prestasi akademik,” pungkasnya. (rdr/mc)

Exit mobile version