Momen 20 Tahun Ar Risalah, PIAR Luncurkan 20 Buku Hasil Karya Guru dan Siswa

Jenis bukunya fiksi dan non-fiksi dengan genre mulai dari novel, kumpulan puisi, cerpen pengembangan diri, motivasi, dan sebagainya.

Pendidikan Islam Ar Risalah (PIAR) terbitkan 20 buku di 20 tahun pendiriannya. (dok. istimewa)

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Dalam rangka menyemarakkan 20 tahun Ar Risalah, Perguruan Islam Ar Risalah (PIAR) Kota Padang meluncurkan 20 buku hasil karya siswa, guru, dan karyawan. Kegiatan berlangsung di Sport Hall PIAR, Padang, Kamis (20/6/2024).

Penanggung jawab kegiatan, Ustaz Ali Usman S.S., M.Pd., bersyukur atas peluncuran buku tersebut. “Ini merupakan bentuk apresiasi kepada ustaz/ustazah dan siswa Ar Risalah yang telah berkarya menulis buku,” ujarnya.

Ia merincikan 20 buku yang diluncurkan tersebut terdiri atas 11 buku karya siswa, lalu 9 buku karya guru dan karyawan. Jenis bukunya fiksi dan non-fiksi dengan genre mulai dari novel, kumpulan puisi, cerpen pengembangan diri, motivasi, dan sebagainya.

“Di momen 20 tahun Ar Risalah, kita memberikan kesempatan kepada ustaz/ustazah dan siswa untuk meluncurkan buku. Dari pendataan kita, alhamdulillah, kita dapatkan angka cantik. Sebanyak 20 orang telah menerbitkan buku,” jelasnya.

“Buku yang diluncurkan ini merupakan buku ustaz/ustazah dan siswa terbitan lima tahun terakhir, yakni sejak 2019 hingga 2024. Buku-buku yang diluncurkan adalah buku yang memiliki ISBN dan QRSBN yang terdaftar di perpustakaan nasional dan internasional,” imbuh Ustaz Ali.

Ia mengungkapkan PIAR mendorong siswa, guru dan karyawan untuk menulis buku. Untuk guru dan karyawan, pihaknya mendorong agar mereka mendalami keterampilan menulis di komunitas menulis yang dibentuk di sekolah.

“Sementara, untuk siswa, kita juga punya komunitas menulis Nur-Q (Nur Qalam) yaitu Cahaya Pena. Selain itu, kita juga memotivasi anak-anak agar aktif menulis. Hal tersebut sesuai dengan semangat sekolah menggiatkan literasi di warga sekolah,” sampai Ustaz Ali yang juga guru bahasa Indonesia di SMP PIAR.

Ia pun berharap dengan peluncuran buku ini siswa, guru, dan karyawan semakin termotivasi dalam menulis. “Intinya terus berkarya, dan terus menjadi orang yang produktif dalam bidang literasi ini,” sebutnya.

Sekedar informasi, selain peluncuran 20 buku hasil karya siswa, guru, dan karyawan, pada kesempatan yang sama juga dilaksanakan talkshow dan bedah novel “Syekh Ahmad Khatib Al-Minangkabawi: Guru Para Ulama” karya penulis nasional Khairul Jasmi. Selain itu, ada juga bazar buku dan kuliner.

Sekedar informasi, PIAR berusia 20 tahun pada tahun ini. Untuk menyemarakkan usia 20 tahun tersebut, PIAR menggelar berbagai kegiatan dengan puncaknya pada 20-24 Juni ini.

Selain peluncuran buku, kegiatan lainnya yaitu peresmian gerbang Ar Risalah, konser amal bersama Ustaz Derry Sulaiman, seminar internasional wakaf, pemecahan rekor MURI wakaf uang, dan sebagainya. (rdr)

Berikut daftar 20 nama penulis buku yang diluncurkan pada Semarak 20 Tahun Ar Risalah:
Siswa
1. Faiza Humaira: Catatan Semusim
2. Naila Salma Zalianti: Akhir Sebuah Cerita
3. Shabrina Aini Sakinah: Diary Pejuang Mutqin
4. Nabiila Amalia: Berdamai dengan Diri
5. Naylla Wahyudi: Jarak Jauh
6. Naura Hanifah: All About What You Think
7. Lathifah Hurriyah: Titian Masa
8. Najwa Nur Aghniya: About Feelings Milenial
9. Nafisah Nailal Husna: Your Greatest Worst
10. Muhammad Nadzan Baihaqi: Sebuah Epilog dalam Prolog)
11. Revan Al Farros: Indonesiaku Bangsaku

Guru dan Karyawan
1. Ali Usman: Sepenuh Hari Sepenuh Hati Inspirasi Karakter Guru Abad 21
2. Siswati: Perjalanan Berkah Menuju Ka’bah
3. Risyda Munawarah: My Trip Reaches Star for Ya.Mi
4. Ariyonedi: Bersama sang Idola
5. Syatri: Palai Rinuak Kuliner Khas Danau Maninjau
6. Irsyad Syafar: Kisah-kisah Dakwah Dalam Alquran
7. Afriyanti: Sharia Compliance Teori dan Aplikasinya di Lembaga Keuangan Syariah
8. Neneng Isnania: Senandika
9. M. Faruq Bahril: Kumpulan Puisi Melodi Malam

Exit mobile version