Tim Dosen KBK Telekomunikasi Teknik Elektro Unand Gelar Pengabdian Masyarakat di Mushalla Al-Faizin Aie Pacah Padang

PADANG, RADARSUMBAR.COM-Dalam rangka mengimplementasikan salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi, tim dosen  KBK Telekomunikasi  Jurusan Teknik Elektro Universitas Andalas melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di Mushalla Al-Faizin Aie Pacah, Padang, Sabtu (6/11/2021)

PADANG, RADARSUMBAR.COM-Dalam rangka mengimplementasikan salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi, tim dosen  KBK Telekomunikasi  Jurusan Teknik Elektro Universitas Andalas melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di Mushalla Al-Faizin Aie Pacah, Padang, Sabtu (6/11/2021)

Menurut ketua Pelaksana Tim Pengabdian masyarakat, Baharuddin, MT, Mushalla Al-Faizin Aie Pacah dipilih sebagai tempat pelaksanaan kegiatan karena masih belum memiliki papan pengumuman berbasis teknologi android. 

Saat ini masyarakat yang shalat di  Mushalla Al-Faizin Aie Pacah, hanya menggunakan papan pengumuman yang bersifat manual, sehingga setiap kali ada informasi yang akan  diberitakan harus dilakukan dengan menghapus berita lama dan kemudian menuliskannya kembali ke papan tulis pengumuman yang telah tersedia. Hal inilah yang dikeluhkan oleh masyarakat di  Mushalla Al-Faizin Aie Pacah. 

Lebih lanjut, ketua Tim Pengabdian menjelaskan, tim pengabdian pada masyarakat dari KBK Telekomunikasi Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Unand terdorong  ingin mengadakan pelatihan dan Pemanfaatan Teknologi Komunikasi dan Multimedia di  Mushalla Al-Faizin Aie Pacah tersebut. 

Teknologi komunikasi dan multimedia yang  terapkan di  Mushalla Al-Faizin Aie Pacah adalah berbentuk Running text dan sounds system. Untuk running text di tempatkan di Mushalla Al-Faizin , sedangkan pemberian sounds sistem di berikan untuk Pondok Tahfidz Alquran Almahira, AIe Pacah.

Dengan adanya pemberian dan sekaligus pelatihan pada masyarakat tentang bagaimana cara mengupdate informasi ke running text melalui aplikasi di android, masyarakat disana sangat senang dan sekaligus menyampaikan pesan kalau dapat KBK Telekomunikasi dari Jurusan teknik Elektro fakultas teknik Unand, jangan hanya sekali ini saja mengadakan pelatihan di Mushalla kami, tetapi kalau bisa diagendakan secara reguler setiap tahunnya.

Ketua Mushalla Al-Faizin Aie Pacah Bapak  Erizon, menyambut baik kedatangan tim pengabdian dari KBK Telekomunikasi Jurusan Teknik Elektro Universitas Andalas. Mereka mengucapkan banyak terima kasih atas kedatangan tim dosen dari KBK Telekomunikasi Teknik Elektro Universitas Andalas.

Tim pengabdian berbaur dengan masyarakat pengguna  Mushalla Al-Faizin Aie Pacah dan bersama-sama memasang running text di dinding Mushalla. Kegiatan ini juga dihadiri oleh beberapa warga masyarakat di sekitar Mushalla Al-Faizin, Tim Pengabdian dari KBK Telekomunikasi serta dosen-dosen dari KBK lain di Jurusan Teknik Elektro, bahkan di saksikan pula oleh Ketua Jurusan dan kaprodi S2 teknik elektro Unand.

Ketua Jurusan Teknik Elektro Dr. Eng. Muhammad Ilhamdi Ryusdi, sangat mengapresiasi kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan tim KBK Telekomunikasi, karena tim KBK Telekomunikasi langsung melaksanakan penginstalan peralatan teknologi dan mengedukasi masyarakat di Mushalla Al-Faizin Aie Pacah.

Ketua  Mushalla Al-Faizin, Erizon, memberikan apresiasi terhadap kegiatan pengabdian masyarakat dari KBK Telekomunikasi Jurusan Teknik Elektro Universitas Andalas  ini, karena Tim dosen dari KBK Telekomunikasi sudah  memberikan edukasi terkait pemanfaatan teknologi yang berbasis android, ujar Erizon dalam sambutannya. 

Tim yang diketuai oleh Baharuddin, MT ini melakukan survei sebelum melaksanakan pengabdian pada  masyarakat di Mushalla Al-Faizin Aie Pacah. Dalam survei yang lakukan, tim pengabdian masyarakat melihat langsung kondisi yang ada disekitar Mushalla tersebut dan berdiskusi dengan ketua dan warga masyarakat disekitar Mushalla Al-Faizin tersebut tentang kendala yang mereka hadapi.

Erizon mengatakan, kendala yang sangat dirasakan oleh pengurus Mushalla dalam beraktifitas di sini adalah tentang penggunaan papan pengumuman yang masih manual. “Kalau dapat kami mempunyai toknologi papan pengumuman yang berbasi teknologi android  yang menarik dan setiap saat dapat dilakukan pengupdetan informasi dengan sangat mudah dan tidak ribet,” ujar Erizon sebagai wakil dari warga.

Berdasarkan permasalahan tersebut, tim KBK Telekomunikasi Jurusan teknik Elektro Unand kemudian memberikan running text berbasis android kepada Mushalla Al-Faizin sekaligus memberikan pelatihan bagaimana cara penggunaan teknologi yang berbasi android ini. Mulai dari cara menginstal aplikasi android ke telepon selular  dan bagaimana cara mengganti-ganti informasi ke papan running text sampai aplikasi tersebut terinstal dengan baik. 

“Tidak sampai disitu saja, kami juga mengevaluasi sejauh mana warga dapat memahami dan mengerti cara mengupdate informasi ini. Kami mendampingi warga  di dalam mengeksplor menu yang ada didalam aplikasi andorid, bahkan kami lakukan berkali kali sampai warga masyarakat yang mengikuti pelatihan tersebut  mahir dan lancar. Kami bersyukur  warga  tidak bosan  bertanya mulai dari update berita sampai merubah fitur fitur berupa jenis warna serta jalannya text cepat atau lambat,” kata Baharuddin.

Dalam pelatihan ini, kata Baharuddin, juga menyampaikan tentang hal yang paling krusial itu adalah jika baterai CMOS yang ada di Running text suatu saat akan habis, ini dikarenakan jika lampu listrik sering mati. “Dengan demikian kami berikan juga solusi bagaimana cara mengatasinya, yaitu dengan mengganti baterai CMOS yang ada di runnuing text tersebut. Itu semua materi kami berikan dalam pelatihan ini,” katanya.

Menyambung perihal keberlanjutan Pelatihan pemanfaatan teknologi android dan implementasinya, dosen-dosen dari KBK telkom semuanya aktif dalam pelaksanaan pelatihan ini, bahkan setiap warga didampingi satu persatu dalam pelatihan tersebut. Adapun dosen dari KBK telekomunikasi yang hadir saat itu adalah Rudy Fernandez, MT, Hanalde Andre, MT serta Muhammad Luthfi, MT.  

Dosen-dosen tersebut turut berbagi ilmu dengan masyarakat dalam pengimplementasian teknologi yang diberikan kepada Mushalla Al-Faizin tersebut. Lebih lanjut, Baharudin, MT menyampaikan bahwa   jika ada masalah dengan running text nantinya, bisa menghubungi tim KBK Telkom jurusan Teknik Elektro Unand. Selanjutnya, diskusi bersama warga yang dipandu oleh Bapak Rizki, M.T. yang berlangsung cukup hangat.

Beberapa ide didapatkan oleh warga setelah mendengarkan pemaparan dari tim dosen KBK Telekomunikasi Teknik Elektro Unand tersebut. Diantaranya, muncul inisiatif warga untuk menggunakan telepon selular mereka untuk bisa mengupdate informasi, namun kami sampaikan bahwa yang bukan pengurus Mushalla, tidak boleh mengupdate berita atau informasi sebelum mendapat ijin dari ketua Mushalla.

“Kami juga menyampaikan kepada pengurus Mushalla Al-Faizin, bahwa kami sangat terbuka dan siap membantu jika ada masalah dengan alat ini, Tim KBK Telekomunikasi jurusan Teknik Elektro Unand, siap di telepon kapan saja. Alhamdulillah warga masarakat di Mushalla Al-Faizin sangat senang dengan kegiatan pelatihan ini.  Kegiatan pengabdian ini ditutup dengan pemasangan running text di Mushalla Al-Faizin,” katanya. (rdr)

Exit mobile version