Ini 6 PTN yang Sedang Membuka Penerimaan Mahasiswa Jalur Prestasi 2022

Ilustrasi pendidikan. (net)

JAKARTA, RADARSUMBAR.COM – Beberapa perguruan tinggi negeri (PTN) saat ini sedang membuka penerimaan mahasiswa baru jalur prestasi. Bagi siswa kelas 12 yang memiliki banyak prestasi, jalur ini tidak ada salahnya untuk dicoba.

Pasalnya, jumlah peserta jalur prestasi bisa jadi tidak sebanyak jalur SNMPTN atau SBMPTN 2022. Maka dari itu, tingkat keketatannya mungkin tidak setinggi kedua jalur tersebut. Simak sejumlah informasinya berdasarkan situs resmi universitas yang bersangkutan.

Jalur Prestasi 2022 Perguruan Tinggi Negeri

  1. Seleksi Bibit Unggul Berprestasi (SBUB) Universitas Diponegoro

Jalur SBUB Undip masih dibuka sampai 20 Maret 2022 mendatang. Seleksi ini dapat diikuti siswa yang ingin mendaftar ke jenjang sarjana maupun vokasi, termasuk PSDKU (program studi di luar kampus utama).

Panitia akan menyeleksi mahasiswa berdasarkan prestasi bakat di skala provinsi minimal juara 1, nasional juara 1 sampai 3, atau internasional juara 1 sampai 3.

  1. Jalur Prestasi UIN Semarang

PTN selanjutnya adalah UIN Semarang. Kampus ini membuka pendaftaran jalur prestasi mulai 1 Maret sampai 22 April 2022. Seleksinya terbagi menjadi dua, yakni akademik dan nonakademik.

Ketentuan minimal untuk prestasi akademik adalah ranking 10 terbaik di sekolah. Sementara, prestasi nonakademik yang disertakan boleh dari bidang keagamaan, olahraga, sains, ataupun teknologi.

Di samping itu, siswa penghafal 30 juz Al Quran juga bisa ikut serta. Jika dapat membuktikan kemampuannya, maka siswa bersangkutan berpeluang memperoleh beasiswa selama 8 semester.

  1. Jalur Prestasi Universitas Negeri Semarang

Universitas Negeri Semarang (Unnes) membuka jalur prestasi bagi siswa yang memiliki kejuaraan bidang seni, olahraga, bidang studi, olimpiade, keagamaan, jabatan ketua OSIS/MPK.

Prestasi yang dapat diikutkan di jalur ini memiliki sejumlah kriteria minimal. Disebutkan dalam laman resminya, untuk prestasi tingkat provinsi, paling rendah adalah juara 1 dan untuk tingkat nasional boleh juara 1 sampai 3.

Peluang ini juga terbuka bagi yang mempunyai prestasi keagamaan dan keahlian luar biasa. Prestasi keagamaan diperuntukkan oleh agama apa pun, sedangkan keterampilan luar biasa yang dimaksud misalnya memiliki hak paten atas suatu karya .

Jalur ini telah dibuka sejak 1 Maret lalu dan masih akan berlangsung sampai 30 Mei 2022.

  1. Jalur Prestasi Universitas Negeri Jakarta (UNJ)

Universitas Negeri jakarta (UNJ) masih membuka registrasi jalur prestasi sampai 10 Juni 2022 nanti. Adapun bidang prestasi yang boleh diikutsertakan adalah saintek, soshum, seni dan sastra, olahraga, dan musabaqah.

Perlu diketahui, tingkat perolehan juara yang diakui adalah level nasional minimal juara 3 dan prestasi internasional. Disebutkan dalam laman resminya, biaya pendaftaran jalur prestasi UNJ adalah Rp 400 ribu.

  1. Jalur Prestasi Internasional dan Nasional (PIN) IPB University

Dikutip dari situs Admisi IPB, kualifikasi siswa yang berhak mendaftar jalur PIN adalah yang berasal dari jurusan IPA atau SMK Pertanian, Kimia, Analis, Kehutanan, dan TKJ saja. Adapun penghargaan yang dipertimbangkan adalah yang berjenis karya ilmiah, olimpiade (matematika, kimia, biologi, fisika, informatika), olahraga, seni, pramuka, dan hafiz. Namun perlu diketahui bahwa prestasi kepramukaan tahun ini hanya dibuka untuk wilayah Jawa Barat.

Pendaftaran jalur prestasi IPB University masih dibuka sampai 31 Maret 2022. Di samping itu, daya tampungnya hanya 8 sampai 12 orang saja.

  1. Jalur Prestasi Sarjana dan Sarjana Terapan Universitas Negeri Yogyakarta

Jalur prestasi UNY terbagi untuk jenjang sarjana dan vokasi. Di jenjang sarjana sendiri ada empat jalur yang bisa diikuti, yaitu:

_ Seleksi Mandiri (SM) Prestasi Akademik: bisa diikuti angkatan 2020, 2021, dan 2022 dengan mengunggah ijazah, surat keterangan lulus, atau surat keterangan kelas 12.
_ SM Prestasi Unggul: dapat diikuti angkatan 2020-2022 yang mempunyai prestasi akademik maupun nonakademik, termasuk prestasi keagamaan apa pun.
_ SM Talent Scouting: boleh diikuti mahasiswa angkatan 2022 dan dua angkatan sebelumnya yang punya prestasi nonakademik juara 1-3 minimal kabupaten/kota.
_ SM Prestasi Olahraga Unggul: dibuka untuk siswa berprestasi olahraga tingkat nasional dan/atau internasional.

Selain untuk S1, jalur prestasi juga dibuka untuk calon mahasiswa jenjang D4 atau sarjana terapan. Sama seperti yang sebelumnya, jalur ini juga boleh diikuti siswa angkatan 2022, maupun 2021 dan 2020. Pendaftar akan diseleksi berdasarkan nilai rapor dan prestasi akademik.

Itulah sejumlah PTN yang kini sedang membuka pendaftaran mahasiswa baru jalur prestasi. Selamat mencoba! (rdr/detik.com)

Exit mobile version