Miris! Eks Kapolda dan Cagub Sumbar Kalah Telak dari Anak Bupati Pesisir Selatan di Pemilu 2024

Sebagai perbandingan, suara Alex Indra Lukman sudah menyentuh angka 32.650 dan Zahra Mardiah Anwar mencapai 29.621 suara.

Mantan Kapolda Sumbar Fakhrizal. (net)

PADANG, RADARSUMBAR.COMPerolehan suara Calon Anggota Legislatif (Caleg) Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) periode 2024-2029 Daerah Pemilihan (Dapil) Sumatera Barat (Sumbar) 1 dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Irjen (Purn) Fakhrizal jauh dari yang diharapkan.

Bahkan, perolehan suara pria yang juga pernah bertarung menjadi Calon Gubernur (Cagub) Sumbar berpasangan dengan Wali Kota Pariaman periode 2018-2023, Genius Umar itu ‘ambyar’.

Betapa tidak, hingga Selasa (20/2/2024) malam pukul 20.00 WIB berdasarkan progres rekapitulasi sementara 6.256 dari 9.970 Tempat Pemungutan Suara (TPS) atau sekitar 62,75 persen, perolehan suara Fakhrizal baru menyentuh angka 5.859.

Alih-alih menyaingi suara kompetitor kuatnya dari PDIP, yakni Alex Indra Lukman yang merupakan Ketua DPD PDIP Sumbar, raihan suara jenderal bintang dua itu masih kalah jauh dari putri Bupati Pesisir Selatan (Pessel), Rusma Yul Anwar yang bernama Zahra Mardiah Anwar.

Sebagai perbandingan, suara Alex Indra Lukman sudah menyentuh angka 32.650 dan Zahra Mardiah Anwar mencapai 29.621 suara.

Sejatinya, Fakhrizal disebut-sebut sebagai penantang kuat Alex Indra Lukman pada Pemilu 2024. Bahkan, pria berkumis itu sesumbar yakin bisa melaju dengan mudah ke Senayan (DPR RI, red).

Namun, keadaan berbalik. Alex Indra Lukman bahkan disebut-sebut telah ‘comeback’ dan diprediksi kuat mengisi satu dari delapan jatah kursi DPR RI dari Dapil Sumbar 1.

Informasi yang berhasil dihimpun dari berbagai sumber, Irjen (Purn) Fakhrizal sudah dipastikan kalah dan disebut-sebut sudah ‘trauma’ dengan pertarungan politik di Sumbar lantaran sudah kalah dalam dua edisi pesta demokrasi yang berbeda.

Perebutan kursi PDIP di Sumbar sejatinya tidak sedingin pamor partai tersebut di bumi ‘Tuah Sakato’, malah justru sebaliknya.

Sejumlah nama besar juga ikut terlibat dalam pertarungan tersebut, seperti anggota DPRD Sumbar periode 2019-2024, Leli Arni.

Perolehan suara Leli Arni bahkan dua kali lipat lebih banyak dari Fakhrizal. Leli berhasil meraih 10.219 di bawah Meris B sebanyak 12.100 suara.

Fakhrizal hanya unggul atas Nurhamin (3.409 suara), Ashelfine (3.329 suara) dan Edi Yosepson (2.331 suara).

Banyak pihak yang tak menyangka seorang Irjen (Purn) Fakhrizal yang pernah menjabat sebagai Kapolda Sumbar dari tahun 2016 hingga 2019 dikalahkan oleh perempuan muda bernama Zahra Mardiah Anwar.

Raihan suara Zahra Mardiah Anwar sebagai pendatang baru juga dinilai luar biasa dan bisa menjadi modal besar pada Pemilu 2029, jika yang bersangkutan maju lagi dan ingin menjawab rasa penasarannya. (rdr)

Exit mobile version