7 SPKLU untuk Kendaraan Listrik Disiapkan PLN UID Sumbar saat Idul Fitri 1445 Hijriah

Tujuh SPKLU itu tersebar di beberapa kota.

Pengecekan kesiapan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) oleh Tim Satgas RAFI Kementerian ESDM dan PLN UID Sumbar. (Foto: Dok. Radarsumbar.com)

Pengecekan kesiapan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) oleh Tim Satgas RAFI Kementerian ESDM dan PLN UID Sumbar. (Foto: Dok. Radarsumbar.com)

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Perusahaan Listrik Negara (PLN) Unit Induk Distribusi (UID) Sumatera Barat (Sumbar) menyiapkan tujuh Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) untuk melayani masyarakat pada saat perayaan Idul Fitri 1445 Hijriah.

Demi memastikan SPKLU berjalan optimal, PLN UID Sumbar telah melakukan pengecekan di SPKLU Belanti dan UID PLN Sumbar, Senin (8/4/2024).

“Intinya, PLN UID Sumbar sudah siap untuk menyambut lebaran. Panduan manual juga sudah disiapkan oleh PLN,” kata Tim Satgas Rafi Kementerian ESDM, Silvia Onariski usai peninjauan.

Sementara itu, General Manager (GM) PLN UID Sumbar, Eric Rossi Priyo Nugroho mengatakan, PLN UID Sumbar menyiapkan tujuh SPKLU yang tersebar di beberapa kota.

Di antaranya, SPKLU PLN Belanti, Jalan Khatib Sulaiman Padang, SPKLU Sawahan, Jalan Dr Wahidin Sudirohusodo, SPKLU Dealer Hyundai dan SPKLU Wuling.

“Selanjutnya juga tersebar di Kota Payakumbuh, Bukittinggi dan Solok,” katanya.

Pada kesempatan yang sama, PLN dan Tim Satgas RAFI Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) juga melakukan peninjauan ke Gedung Command Center PLN UID Sumbar serta Gardu Induk Stasiun (GIS) Simpang Haru, Kecamatan Padang Timur, Kota Padang.

Manajer PLN Unit Pelayanan Transmisi (UPT) Padang, Doni Adrean mengatakan, terdapat 21 gardu listrik dengan lima titik siaga yang tersebar di wilayah Sumbar.

Di antaranya, Kota Padang, Kiliran Jao Kabupaten Sijunjung, Payakumbuh, Bukittinggi dan Pariaman.

“Untuk daya listrik stabil di sistem sumatera dan terkoneksi karena sistem grid dari Lampung hingga Aceh. Untuk kesiapan lebaran, sekitar 63 tim personal har dan ada 11 tim jaringan tegangan tinggi dan ekstra tinggi,” kata Doni.

Doni mengatakan, untuk menghadapi Idul Fitri 1445 Hijriah, PLN sudah melakukan operasi siaga dari tanggl 3 hingga 19 April 2024 mendatang. (rdr)

Exit mobile version