Pidato Pertama Mahyeldi-Vasko usai Resmi Mendaftar jadi Cagub-Cawagub di KPU Sumbar 2024

Pidato pertama Cagub-Cawagub Sumbar 2024-2029, Mahyeldi-Vasko Ruseimy usai mendaftar di KPU Sumbar, Selasa (27/8/2024) siang. (Foto: Dok. Tim AR)

Pidato pertama Cagub-Cawagub Sumbar 2024-2029, Mahyeldi-Vasko Ruseimy usai mendaftar di KPU Sumbar, Selasa (27/8/2024) siang. (Foto: Dok. Tim AR)

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Pasangan Calon Gubernur (Cagub) dan Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Sumatera Barat (Sumbar) periode 2024-2029, Mahyeldi-Vasko Ruseimy resmi mendaftarkan diri ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) di provinsi tersebut.

Pasangan yang diusung oleh lima partai politik, PKS, Gerindra, Demokrat, Perindo dan PBB tersebut mendaftar ke KPU Sumbar pada Selasa (27/8/2024) siang.

Pantauan di KPU Sumbar, pasangan Mahyeldi-Vasko diantar oleh masing-masing istri dan seluruh petinggi partai pengusung, sebut saja Ketua DPD Gerindra Sumbar, H Andre Rosiade, Sekretaris DPW PKS Sumbar, Rahmat Saleh, Ketua DPD Demokrat Sumbar, Mulyadi, Ketua DPW Partai Perindo Sumbar, Rifo Darma dan Ketua DPW PBB Sumbar, Zaldi Heriwan.

Selain itu mereka diantar oleh pendukung yang membludak dan meneriakkan yel-yel pasangan Cagub-Cawagub Sumbar di Pilkada 2024 tersebut.

Pada pidato pertamanya usai pendaftaran tersebut, Mahyeldi yang juga merupakan petahana Gubernur Sumbar tersebut menyampaikan ucapan terima kasih atas penjamuan dan sambutan yang diberikan oleh KPU Sumbar kepada dirinya dan Vasko Ruseimy.

“Kami berterima kasih kepada Ketua KPU, Komisioner seluruh jajaran, dan Bawaslu Sumbar seluruh jajaran, terima kasih seluruh partai pengusung, karena dengan dukungan partai kami bisa mendaftar ke KPU Sumbar hari ini,” kata Mahyeldi dalam pidato pertamanya tersebut.

Pada saat menyerahkan berkas, katanya, pihaknya juga sempat menyampaikan beberapa hal yang juga diikuti oleh seluruh Ketua Parpol pengusung.

“Setelah itu beberapa sambutan dan arahan dari ketua KPU terkait kelanjutan prosedur yang harus kami tempuh selanjutnya. Setelah serah terima nantinya, akan ada pemeriksaan kesehatan, kemudian penetapan pasangan, mudah-mudahan semua berjalan seperti biasa,” katanya.

Pada kesempatan tersebut, Mahyeldi mengatakan bahwa dirinya dengan Vasko Ruseimy membawa tagline ‘Gerak Cepat untuk Sumbar’.

“Mudah-mudahan visi dan misi yang kami tuangkan dapat menjadi bagian serta harapan masyarakat Sumbar,” katanya.

Mahyeldi juga menyampaikan program unggulan (progul) ketika ia dan Vasko Ruseimy ketika diamanahkan oleh masyarakat Sumbar.

“Di antaranya fokus dengan memberikan asuransi kepada garin, pengurus masjid, lembaga adat yang ada di Sumbar, dan juga kepada tokoh terkait dengan nagari,” katanya.

Kemudian, fokus pada infrastruktur. Ke depan, katanya, Sumbar perlu percepatan dan cepat dalam pemenuhan infrastruktur.

“Mudah-mudahan dengan adanya dukungan parpol ini, yang Presiden dari Gerindra, ini menjadi hal menguatkan dalam percepatan infrastruktur,” katanya.

Selanjutnya, pasangan tersebut akan fokus melakukan digitalisasi ke Nagari, pengembangan desa dan nagari wisata

“Dan juga beberapa permasalahan yang kami hadapi, terkait penyalahgunaan narkotika dan penyakit masyarakat lainnya yang harus kami selesaikan,” katanya.

Jika terpilih, pasangan tersebut mengalokasikan 10 persen dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Sumbar, salah satunya untuk pertanian.

“Hal ini sebelumnya sudah kami lakukan di periode sebelumnya dan ini akan kami lanjutkan kembali,” katanya.

Kemudian, Mahyeldi-Vasko akan melakukan penguatan Sumber Daya Manusia (SDM), terutama di bidang pendidikan.

“Kami ingin pendidikan Sumbar itu terlaksana di mana setiap anak wajib mengikuti program belajar 12 tahun, karena di sini fokus pengembangan SDM,” katanya.

Sementara itu, Cawagub Sumbar periode 2024-2029, Vasko Ruseimy mengatakan, pendaftaran yang ia lakukan bersama Mahyeldi telah menjadi hari bersejarah dan ia berharap bisa menjadi langkah awal Sumbar untuk bisa menjadi lebih baik dari pada sebelumnya.

“Sumbar butuh pergerakan lebih cepat dari sebelumnya, kami berharap rakyat Sumbar bisa bersama kami untuk gerak lebih cepat Sumbar, baik dari sisi pembangunan, SDM, digitalisasi, infrastruktur, keberpihakan masyarakat kelas menengah ke bawah, petani, umat yang perlu diperhatikan,” katanya.

“Hari ini menjadi hari bersejarah bagi kami, semoga menjadi hari-hari yang lebih baik lagi mulai hari ini. Kami berharap dukungan yang terbuka, mengalir kepada kami berdua, karena kami harus kedepankan niat kami untuk membangun Sumbar,” sambungnya.

Sebelumnya, Ketua DPD Partai Gerindra Sumbar, H Andre Rosiade telah menyerahkan berkas B1-KWK Calon Kepala Daerah Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Sumbar dari Partai Partai Gerindra, Sabtu (24/8/2024) lalu.

Calon Gubernur Sumbar Mahyeldi dan calon Wakil Gubernur Sumbar Vasko Ruseimy menjadi bintang dalam acara yang digelar di di Balai Sidang Bung Hatta, Kota Bukittinggi.

Andre Rosiade bahkan membeberkan skenario Gerindra untuk mempercepat pembangunan Sumbar dengan memberikan tongkat estafet Ketua DPD Gerindra Sumbar kepada Vasko Ruseimy yang sekarang Ketua DPP Gerindra.

Tujuannya agar memperkuat pasangan Mahyeldi-Vasko menjadi pemimpin yang kuat dan solid. Mahyeldi adalah Ketua DPW PKS Sumbar.

“Presiden Prabowo punya komitmen penuh membangun Sumbar. Ingin menjadi Presiden seluruh rakyat Indonesia. Hal itu ditunjukkan dengan aksi nyata. Dengan mendukung Mahyeldi-Vasko,” kata Andre Rosiade pada cara yang dihadiri semua calon Bupati-Wakil Bupati dan Wali Kota-Wakil Wali Kota se-Sumbar yang diusung Partai Gerindra.

Kata Andre Rosiade, meski berbeda pilihan pada Pemilu dan Pilpres 2024, demi pembangunan Sumbar, Mahyeldi bisa bergandengan tangan dengan kader muda Gerindra, Vasko Ruseimy.

Hal itu adalah bentuk kelapangan hati Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto demi Sumbar yang dianggap kampung halaman keduanya.

“Komitmen ini juga akan kami perkuat sebagai anggota DPR RI bersama Ade Rezki Pratama. Kami akan mengawal, membantu dan memastikan para Menteri pak Prabowo bantu Gubernur, Bupati dan Wali Kota di Sumbar. Kami butuh gerak cepat untuk Sumbar. Pak Prabowo ingin jadi pemimpin semua rakyat Indonesia. Bukan hanya segelintir orang,” tuturnya. (rdr)

Exit mobile version