Kafilah Sumbar Ikuti MTQN ke-30 di Kaltim, Targetkan Raih Empat Besar

Wakil Gubernur Sumbar melepas kafilah Sumbar yang bakal berlaga di MTQN ke-30 di Kalimantan Timur. (Foto: Dok. Kemenag Sumbar)

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Perhelatan akbar Musabaqah Tilawatil Qur’an Nasional (MTQN) ke 30 akan digelar di Ibukota Negara (IKN), Kalimantan Timur dari tanggal 6 – 16 September 2024 mendatang.

Ada kabar gembira yang diterima kafilah Sumatera Barat jelang kebarangkatan ke Samarinda. Wakil Gubernur Sumbar sekaligus Ketua Umum LPTQ, Audy Joinaldi menjanjikan bonus Rp250 juta bagi peserta yang meraih juara satu.

Kabar ini disampaikan Audy saat melepas kafilah Sumbar, Rabu (4/9) malam. Hadir Kakanwil Kemenag Sumbar diwakili Kepala Bidang Penais Zawa, Yufrizal, Bupati Solok Zul Elfian, Ketua Harian LPTQ Sumbar, Muhammad Ridho Nur dan seluruh kafilah.

Dikatakan Audy, dua tahun lalu saat MTQN ke 29 di Kalimantan Selatan, kafilah Sumbar berhasil meraih peringkat 5 Nasional. Kafilah yang meraih juara 1 diberikan bonus 150 juta, 100 juta untuk juara, 50 juta juara 3 dan seterusnya sampai harapan.

“Kita samakan bonus bagi juara MTQ di Kalimantan ini dengan bonus peserta Pekan Olahraga Nasional (PON) di
Aceh dan Sumatera Utara. Juara 1, Rp250 juta atau boleh disebut seperempat miliar,” kata Audy.

Tahun ini lanjut Audy, target Sumbar cukup naik satu tingkat. Dari peringkat 5 besar menjadi 4 besar. Wagub yakin kafilah Sumbar bisa meraih itu dengan potensi yang sudah dimiliki. Minimal terbaik di pulau Sumatera.

“Adek-adek ini semua adalah kafilah-kafilah terbaik hasil dari MTQ provinsi termasuk yang diadakan di Solok Selatan kemarin. Kita jaga betul objektivitas bahwa yang berangkat itu, benar-benar yang berprestasi,” sambung Audy.

Menurut Wagub, banyak masukan, kritik dan saran dalam pengiriman kafilah MTQ. Ia bertekad menjaga betul dan sesuai dengan SOP yang ada. “Alhamdulillah ini mewakili berbagai kabupaten kota di Sumbar dan peserta terbaik hasil MTQ provinsi,” ungkap Wagub.

Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat (Kabiro Kesra) Al Amin, sebelumnya mengatakan, kafilah Sumbar tahun ini berkekuatan 100 orang, terdiri dari peserta 54 orang, pelatih 9 orang, pendamping 20 orang dan 17 panitia, tim kesehatan, dan media.

“Insyaallah pada momen MTQN ke 30 di Kaltim kafilah Sumatera Barat akan mengikuti semua cabang lomba yang dipertandingkan. Ada 8 cabang lomba dengan masing- masing golongan,” jelas Al Amin.

Pada kesempatan ini Wakil Gubernur juga menyerahkan bonus bagi kafilah STQH yang dilaksanakan di Jambi tahun 2023 lalu. Diantaranya, Maryam Ulyadi juara 2 Tahfiz 20 Juz terima 100 juta rupiah.

Tifatul Tirta juara 3 tilawah anak anak terima 50 juta, Fatiah harapan 2 Golongan Hifzil, Rp20 juta. Putri Mardiah harapan 3 Tafsir Bahasa Arap dan Kasyah Putri harapan 3 Tilawah anak anak, masing-masing Rp10 juta. (rdr)

Exit mobile version