Tiga Desa Rekomendasi KI Sumbar Lolos 10 Besar untuk Apresiasi KIP Desa 2024

Pengumuman resmi Komisi Informasi Pusat tersebut tertuang dalam surat nomor: 846/KIP/IX/2024 yang mengumumkan hasil penilaian SAQ dengan nilai terbaik Anugerah Apresiasi KIP Desa 2024 pada hari Jumat, (20/9/2024).

Komisioner KI Sumbar Mona Sisca. (dok. istimewa)

Komisioner KI Sumbar Mona Sisca. (dok. istimewa)

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Tiga kategori Desa (Maju, Berkembang dan Tertinggal) di Sumatera Barat yang direkomendasikan Komisi Informasi Sumbar yakni Nagari III Koto Aua Malintang, Nagari Malampah Barat dan Nagari Simalanggang berhasil masuk sepuluh (10) besar nilai tertinggi dalam tahap pengisian quisioner (SAQ) Anugerah Apresiasi Keterbukaan Informasi Publik (KIP) Desa tahun 2024.

Pengumuman resmi Komisi Informasi Pusat tersebut tertuang dalam surat nomor: 846/KIP/IX/2024 yang mengumumkan hasil penilaian SAQ dengan nilai terbaik Anugerah Apresiasi KIP Desa 2024 pada hari Jumat, (20/9/2024).

“Alhamdulillah tiga nagari yang kita rekomendasikan lolos dengan nilai terbaik tahap pengisian SAQ Anugerah Apresiasi Desa KIP 2024, hal ini tak lepas dari semangat luar biasa Walinagari Serta perangkat Nagari disupport penuh oleh KI Sumbar, Dinas PMD dan Dinas Kominfo Provinsi dan Kabupaten Kota,” ucap Koordinator Apresiasi KIP Desa 2024 KI Sumbar, Mona Sisca.

Sementara itu, Wakil Ketua KI Sumbar, Tanti Endang Lestari begitu bersyukur karena ini pertama kalinya tiga kategori sekaligus bisa masuk 10 besar penilaian terbaik dan langsung divisitasi oleh KI Pusat.

“Alhamdulillah selamat kepada Bapak Walinagari di ke 3 Nagari, terima kasih kepada Dinas PMD Provinsi dan Kabupaten, Dinas Kominfotik Provinsi dan Kabupaten atas support dan pendampingan” Ungkapnya sembari ucap sujud syukur.

Tanti juga mengajak semua Walinagari dan stakeholder terkait untuk berupaya semaksimal mungkin implementasikan undang-undang 14 tahun 2008 di Nagari sebelum tim pusat berkunjung.

Adapun 10 Desa terbaik hasil penilaian SAQ Anugerah Apresiasi Desa adalah:

  1. Bali, Desa Kuntuh (Kategori Maju)
  2. Jawa Tengah, Desa Mojorejo (Kategori Berkembang)
  3. Jatim, Desa Kraton (Kategori Berkembang)
  4. Jatim , Desa Jambearum (Kategori Maju)
  5. Kaltim, Desa Batuah (Kategori Maju)
  6. Sumatera Barat, Nagari III Aua Koto Malintang, (Kategori Maju)
  7. Sumatera Barat, Nagari Malampah Barat (Kategori Tertinggal)
  8. Sumatera Barat , Nagari Simalanggang (Kategori Berkembang)
  9. NTB , Desa Aik Mual (Kategori Berkembang)
  10. NTB, Desa Beru (Kategori Tertinggal)

Untuk visitasi KI Pusat akan dijadwalkan pada tanggal 10 – 13 Oktober 2024 didampingi Koordinator dan Tim KI Sumbar. Setelah visitasi tahap akhir adalah pengumuman Anugerah Desa terbaik Apresiasi KIP Desa 2024 pada akhir Oktober 2024. (rdr/kisb)

Exit mobile version