Pemprov Sumbar Usulkan Pembangunan Jembatan Layang di Lembah Anai

Komisi V DPR juga diminta mendukung percepatan perbaikan infrastruktur utama nasional yang berada di bawah kewenangan pemerintah pusat.

Gubernur Sumbar, Mahyeldi bertemu dengan Komisi V DPR RI untuk memohon bantuan dan perbaikan sejumlah infrastruktur pasca bencana banjir bandang lahar dingin yang melanda provinsi tersebut. (Foto: Dok. Adpim)

Gubernur Sumbar, Mahyeldi bertemu dengan Komisi V DPR RI untuk memohon bantuan dan perbaikan sejumlah infrastruktur pasca bencana banjir bandang lahar dingin yang melanda provinsi tersebut. (Foto: Dok. Adpim)

JAKARTA, RADARSUMBAR.COM – Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi bersama jajaran di menemui Komisi V DPR RI di Jakarta, Kamis (16/05/2024) lalu.

Dalam pertemuan tersebut, Gubernur menyampaikan rentetan kejadian bencana dan kerugian yang ditimbulkan selama dua bulan terakhir, serta memohon dukungan atas upaya percepatan mitigasi dan penanganan dampak bencana di Sumbar.

“Alhamdulillah, setelah kami mengajukan permohonan audiensi, Komisi V DPR RI langsung menyetujui dan kami langsung hadir. Kami memaparkan berbagai kejadian bencana yang menimpa Sumbar sejak Maret 2024 lalu, serta berbagai kerusakan yang timbul karenanya, mulai dari kejadian di Pessel. Kami juga paparkan upaya-upaya yang dilakukan, serta dukungan dari berbagai pihak yang telah membantu,” kata Mahyeldi.

Selain itu, hal terpenting yang disampaikan Gubernur dalam pertemuan tersebut adalah, memohon dukungan Komisi V DPR RI dalam percepatan penanganan dampak bencana sekaligus percepatan peningkatan kualitas mitigasi bencana di Sumbar.

Seperti, dukungan untuk pembangunan sobodam atau cekdam, normalisasi sungai, pembangunan Fly Over, serta percepatan pembangunan jalur tol Padang-Pekanbaru.

“Pertama, kami sampaikan bahwa sungai yang berhulu ke Gunung Marapi ada 15 sungai, dan hanya ada dua cekdam untuk pengamanan lahar dingin. Bandingkan dengan Gunung Merapi Jogja, di mana ada 10 sungai tapi punya 250 sobodam. Oleh karena itu, kami memohon dukungan Komisi V untuk pembangunan sobodam senilai Rp750 miliar di Sumbar,” katanya.

Di samping itu, Gubernur juga menyampaikan permohonan untuk membangun dan memperbaiki infrastruktur utama yang berada di bawah kewenangan provinsi dan kabupaten-kota di Sumbar.

Infrastruktur terdampak bencana tersebut meliputi jalan, jembatan, dan sumber daya air, dengan total kebutuhan anggaran Rp589 miliar. Selain itu, Komisi V DPR juga diminta mendukung percepatan perbaikan infrastruktur utama nasional yang berada di bawah kewenangan pemerintah pusat.

“Kami juga bermohon pembangunan Fly Over dari Air Terjun Lembah Anai sampai ke Silaiang, sebagai bagian dari rekonstruksi jalan nasional yang terban dan saat ini putus total di kawasan itu. Jalan ini sangat penting bagi masyarakat dan perekonomian Sumbar dan provinsi tetangga,” kata Gubernur.

Selain perbaikan atas infrastruktur utama yang rusak, Gubernur Mahyeldi juga memohon dukungan Komisi V DPR RI untuk percepatan penyelesaian jalur tol Padang-Pekanbaru seksi Padang-Sicincin-Bukittinggi-Lima Puluh Kota.

Keberadaan jalur ini menjadi sangat penting sebagai jalur alternatif utama, saat sewaktu-waktu terjadi bencana yang merusak jalan nasional, seperti kejadian bencana saat ini.

“Begitu pun dengan pembangunan Flyover Sitinjau Lauik yang sudah direncanakan melalui skema KPBU. Ini juga kami sangat mohonkan dukungannya agar dipercepat, karena jalur ini sangat ekstrem dan sangat rawan longsor jika curah hujan kembali tinggi,” tuturnya. (rdr)

Exit mobile version