Baznas RI Gelar Doa Bersama di Lokasi Banjir Bandang Lahar Dingin Marapi

Kegiatan zikir dan doa bersama dilaksanakan di Masjid Ubudiyah, Nagari Parambahan, Kecamatan Lima Kaum, Kabupaten Tanah Datar.

Baznas RI menggelar doa bersama di lokasi banjir bandang lahar dingin Marapi pada Minggu (19/5/2024) malam. (Foto: Dok. Baznas)

Baznas RI menggelar doa bersama di lokasi banjir bandang lahar dingin Marapi pada Minggu (19/5/2024) malam. (Foto: Dok. Baznas)

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) RI menggelar zikir dan doa bersama penyintas banjir bandang Sumatera Barat (Sumbar) sebagai bentuk perhatian dan dukungan terhadap warga dan para korban bencana tersebut pada Minggu (19/5/2024) siang.

Kegiatan zikir dan doa bersama dilaksanakan di Masjid Ubudiyah, Nagari Parambahan, Kecamatan Lima Kaum, Kabupaten Tanah Datar, yang dihadiri Wakil Ketua Baznas RI, Mokhamad Mahdum, Staf Ahli Bupati Tanah Datar, Agusril, serta Deputi 2 bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan Baznas, Imdadun Rahmat.

Mokhamad Mahdum menguatkan para korban dengan mengajak untuk selalu berusaha melihat hal positif dari setiap peristiwa yang terjadi.

Ia meyakini, selalu ada kemudahan dalam setiap kesusahan, sebagaimana yang dijelaskan dalam surah Al-Insyirah.

“Allah SWT selalu memberikan makna dibalik sebuah peristiwa. Siapa tahu ini cara Allah mencintai kita. Sebagaimana yang dijelaskan dalam surah Al-Insyirah bahwa di balik kesusahan itu pasti ada kemudahan,” kata Mo Mahdum.

Mo Mahdum menyampaikan, Baznas sudah menyiapkan tiga armada untuk membantu memenuhi keperluan para penyintas banjir bandang di Sumbar.

“Kami datang dengan tiga armada bantuan, yang pertama kami menyiapkan mobil tanggap bencana, kalau ada kasur yang belum ketemu atau buku-buku berserakan, tim kami bisa mencarikan. Yang kedua kami menyiapkan mobil dapur umum, kami masak di sini. Jadi bisa keliling, artinya dapur keliling. Yang ketiga, kita mobil klinik, jadi jangan khawatir, kalau ada yang sakit atau butuh obat bisa ke sini,” katanya.

Selain itu, lanjut Mahdum, Baznas juga terus menyuarakan bantuan untuk warga Sumbar kepada seluruh masyarakat Indonesia melalui pembuatan rekening khusus peduli bencana Sumbar.

“Minggu lalu kami secara resmi mengumumkan ke seluruh Indonesia bahwa Baznas membuka khusus rekening peduli bencana Sumbar. Semua hasilnya itu akan digunakan untuk membantu meringankan bapak-ibu semua yang terkena dampak bencana. Apa yang terjadi disini adalah derita kita bersama, sakitnya bapak-ibu kita rasakan bersama,” katanya.

Sementara itu, Staf Ahli Bupati Tanah Datar, Agusril mengatakan, apa yang diperbuat Baznas sudah melebihi Pemda. Tanpa Baznas, pemerintah daerah tidak bisa berbuat apa-apa.

“Dari segi kecepatan merespons, menyalurkan bantuan, pertolongan dan sebagainya, Baznas selalu terdepan,” katanya.

“Kami sangat berterima kasih atas nama pemerintah daerah kepada jajaran Baznas Kami juga berharap Baznas memberikan perannya dalam kunjungan Presiden RI pada Selasa (21/5/2024),” katanya.

Zikir dan doa bersama juga dihadiri, Pimpinan Baznas Sumbar, Pimpinan Baznas Kabupaten Tanah Datar, Wali Nagari Parambahan, Direktur Pendistribusian Baznas RI, Ahmad Fikri, pengurus DKM Masjid Ubudiyah dan masyarakat penyintas korban banjir bandang di Nagari Parambahan, Kecamatan Lima Kaum.

Baznas telah melakukan beberapa kegiatan dalam membantu banjir bandang Sumbar dengan mendirikan dapur umum dan menyediakan lebih dari 1.400 porsi makanan setiap harinya di beberapa wilayah yaitu Sungai Pua, Kampung Kubu Tengah, Nagari Koto Baru, Koto Tuo.

Selain mendirikan dapur umum, Baznas RI telah melakukan pencarian korban banjir bandang di Sungai Pua serta mendirikan dapur air di Kampung Kubu Tengah, Jorong Galuan, Desa Sungai Pua, Kecamatan Sungai Pua, Kabupaten Agam untuk memastikan kebutuhan air bersih bagi masyarakat setempat. Tim Baznas juga telah menyalurkan selimut, sembako dan bantuan lainnya. (rdr)

Exit mobile version