Harumkan Nama Sumbar, Embun Nuraisya Bersinar di Parlemen Remaja 2024

Gadis yang hobi traveling dan membaca ini pun juga dianggap sebagai salah satu siswa potensial dalam ajang tersebut.

Siswa SMAN 1 Bayang, Embun Nuraisya saat di gedung DPR RI mengikuti ajang Parlemen Remaja 2024. (dok. istimewa)

Siswa SMAN 1 Bayang, Embun Nuraisya saat di gedung DPR RI mengikuti ajang Parlemen Remaja 2024. (dok. istimewa)

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Siswa SMAN 1 Bayang berhasil mencetak generasi berprestasi cemerlang. Adalah Embun Nuraisya, siswa kelas XII sekolah tersebut menjadi perwakilan Sumatera Barat dalam ajang Parlemen Remaja 2024.

Nuraisya — begitu dia dipanggil, merasakan menjadi anggota DPR-RI selama enam hari dan berkantor di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta yang berlangsung pada 9 September hingga 14 September 2024 lalu.

Kepada media ini, Embun Nuraisya tak henti mengucapkan rasa syukur karena dirinya berhasil lolos dari ratusan siswa yang ikut diseleksi pada ajang ini.

“Terima kasih kepada ayah, amak dan keluarga saya di kampung yang selalu mendoakan. Serta semua pihak yang membantu saya hingga terpilih dan dikirim ke Jakarta,” ucap anak dari pasangan Sumarlin dan Deni Salvera Yusi ini

Selain itu, gadis yang hobi traveling dan membaca ini pun juga dianggap sebagai salah satu siswa potensial dalam ajang tersebut.

“Saya sangat senang, bisa belajar sekaligus bertemu banyak kawan dari seluruh Indonesia,” tutup penyuka pelajaran Kimia ini singkat.

Sekilas, Parlemen Remaja merupakan kegiatan pembelajaran politik kepada generasi muda, khususnya pelajar tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) dan sederajat. Mereka akan merasakan simulasi menjadi Anggota DPR RI selama enam hari.

Parlemen Remaja diadakan setiap tahun, diperuntukkan bagi siswa SMA/SMK yang bertujuan meningkatkan pemahaman para remaja tentang bagaimana proses politik bekerja di negara kita melalui pelaksanaan simulasi parlemen.

Kegiatan ini diselenggarakan Sekretariat Jenderal DPR-RI melalui Biro Protokol dan Humas, berdasarkan amanat dari Asosiasi Parlemen Dunia (IPU) untuk membentuk wahana pendidikan demokrasi.

Seleksi Parlemen Remaja 2024 dilaksanakan 25 Juli-6 Agustus 2024 melalui dua tahap seleksi yaitu esai dan video. Kampanye yang diangkat bertemakan “Urgensi Pendidikan Bahasa Inggris untuk Kemajuan Bangsa dengan Basis Remaja Padang Panjang”.

Pelaksanaan Parlemen Remaja 2024 ini akan dilaksanakan pada tanggal 2-7 September 2024 di Bogor dan Jakarta. Parlemen Remaja 2024 kali ini mengusung tema “Generasi Cerdas: Pendidikan Berkualitas Mewujudkan Indonesia Emas” dengan bersimulasi merevisi UU Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Melalui kegiatan Parlemen Remaja, Sekretariat Jenderal DPR RI berharap generasi muda khususnya siswa/i SMA sederajat mulai menyadari pentingnya pendidikan politik dan literasi demokrasi untuk mewujudkan Indonesia Emas 2045 yang akan dihadapi nanti. (rdr)

Exit mobile version