Jelang PON XXI-2024, KONI Sumbar Gelar Rakerprov

Sederet agenda penting baik yang berlangsung pada tahun 2024 dan 2025 akan menjadi pembahasan Anggota KONI Sumbar yang terdiri dari Pengprov Cabor dan KONI kabupaten/Kota.

Kantor KONI Sumbar

Kantor KONI Sumbar

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sumatera Barat bakal menggelar Rapat Kerja Provinsi (Rakerprov) 2024. Dengan tema “Melalui Kebersamaan membangun olahraga Sumatera Barat yang membanggakan” menjadi pakem utama pada Rakerprov ini.

Kegiatan akan berlangsung sehari penuh di UNP Hotel & Convention Center, Senin (27/5/2024). Bakal banyak agenda yang akan dibahas pada momen tersebut. Tentunya hasil Rakerprov nanti akan menjadi barometer olahraga Ranahminang ke depan.

Wakil Ketua Umum IV KONI Sumbar Septris Yonaldi mengatakan, sederet agenda penting baik yang berlangsung pada tahun 2024 dan 2025 akan menjadi pembahasan Anggota KONI Sumbar yang terdiri dari Pengprov Cabor dan KONI kabupaten/Kota.

“Hal yang sentral adalah persiapan menghadapi PON 2024 dan kepastian pelaksanaan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) yang akan di gelar 2025 mendatang di Kota Solok,” ujar Septris pada sesi keterangan pers di gedung KONI Sumbar, Jumat (24/5/2024) siang.

Ia merinci, terdapat beberapa pembicara pada Rakerprov nanti. Kadispora Sumbar nanti akan memaparkan seputar membangun pembinaan olahraga Sumatera Barat yang terbaik melalui tata kelola olahraga yang sehat, modern dan profesional.

Selanjutnya, pemaparan analisa, evaluasi program kerja dan anggaran KONI 2023 dari BAI. Lalu, paparan rencana kerja dan anggaran KONI Sumbar 2024 yang di sampaikan oleh Waketum III KONI Sumbar.

Agenda berikut, pemaparan kesiapan Sumbar menghadapi Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI-2024 yang bakal berlangsung di Aceh-Sumut.

“Agenda selanjutnya adalah kepastian pelaksanaan Porprov 2025 mendatang yang rencananya sebagai tuan rumah adalah Kota Solok,” sambung Septris.

Sejauh ini, sebanyak 36 cabang olahraga bakal di pertandingan di multi iven olahraga tahunan tersebut. Untuk progres kesiapan venue hingga saat ini sudah menyentuh angka 80 persen.

Ia menambahkan, untuk melahirkan regulasi dan keputusan, nantinya dua komisi bakal melakukan rapat yang menjadi pedoman akhir Rakerprov.

Komisi I yang terdiri dari bidang organisasi bakal membahas program kerja dan anggaran 2023-2024. Sementara, Komisi II yang terdiri dari Bidang Binpres membahas tentang kesiapan menghadapi PON 2023 dan dan Porprov 2025.

Ia menambahkan, Rakerprov KONI Sumbar tahun ini sangat penting dan menentukan ke arah mana pembinaan prestasi serta kepastian pelaksanaan Porprov yang sudah beberapa edisi ke belakang tak di gelar.

“Kita tentu berharap adanya kesamaan visi dan pemikiran dari anggota KONI Sumbar terhadap pembinaan olahraga di Sumbar,” tutupnya.

Pada Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024, Sumatera Barat akan mengikuti sebanyak 42 Cabor. Sejauh ini tercatat sebanyak 337 atlet ya g bakal berangkat ke Aceh-Sumut. Para atlet ini sebelumnya telah mengikuti babak kualifikasi PON yakni Kejurnas PON dan Porwil.

“Sesuai Raker tahun lalu, atlet yang berangkat ke PON adalah mereka yang berada di peringkat 6 besar Kejurnas PON dan medali emas Porwil 2023,” sambungan Septris. (rdr)

Exit mobile version