KAI Divre II Sumbar Tegaskan Komitmen Terhadap Keselamatan dan Keberlanjutan

Di usia ke-79 tahun, kereta api di Sumbar diharapkan terus jaya dan semakin menjadi moda transportasi yang diminati masyarakat.

KAI Divre II Sumbar gelar upacara peringatan HUT KAI. (dok. istimewa)

KAI Divre II Sumbar gelar upacara peringatan HUT KAI. (dok. istimewa)

PADANG, RADARSUMBAR.COM – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divisi Regional (Divre) II Sumatera Barat (Sumbar) menggelar Upacara HUT ke-79 KAI di lapangan Stasiun Padang pada Sabtu (28/9/2024) pagi.

Upacara tersebut dipimpin oleh Vice President KAI Divisi Regional II Sumbar, Sofan Hidayah sebagai Pembina Upacara.

Sofan Hidayah mengatakan, di usia ke-79 tahun, kereta api di Sumbar diharapkan terus jaya dan semakin menjadi moda transportasi yang diminati masyarakat.

Menurutnya, pada ulang tahun ke-79 ini, KAI mengusung tema ‘Safety and Sustainability’. Safety atau keselamatan menjadi prioritas utama dalam setiap operasional kereta api.

“KAI Divre II Sumbar berkomitmen untuk memastikan keamanan penumpang, barang, serta lingkungan,” katanya.

Sofan mengatakan, KAI terus meningkatkan standar keselamatan demi memberikan perjalanan yang nyaman dan aman bagi masyarakat.

Keamanan angkutan kereta api telah terbukti dengan diraihnya penghargaan Zero Accident Award (Penghargaan Kecelakaan Nihil) yang diterima KAI Divre II Sumbar dari Menteri Ketenagakerjaan RI, Ida Fauziyah dan Gubernur Sumbar, Mahyeldi di Padang, Senin (23/9/2024) lalu.

Penghargaan tersebut diberikan kepada KAI Divre II Sumbar berdasarkan Permenakertrans nomor PER-01/MEN/I/2007 atas prestasinya dalam melaksanakan program Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) sehingga mencapai 2.847.928 jam kerja orang tanpa kecelakaan kerja, terhitung sejak tanggal 01 Januari 2021 hingga 31 Desember 2023.

Sementara itu, Sofan mengatakan Sustainability mencerminkan langkah nyata KAI dalam menjaga kelestarian lingkungan.

Melalui penggunaan energi ramah lingkungan, efisiensi operasional, dan pengembangan infrastruktur yang berkelanjutan, KAI mendukung terciptanya transportasi massal yang lebih hijau dan mendukung kesejahteraan generasi mendatang.

“Kereta api merupakan transportasi massal yang ramah lingkungan dimana saat ini di Divre II Sumbar, BBM yang dipakai kereta api menggunakan B30 (campuran minyak sawit 30 persen,” katanya.

Efisiensi kereta api dapat dilihat dari kapasitas angkut yang besar. Dalam sekali jalan, satu rangkaian KA Pariaman Ekspres (Pauh Lima – Padang – Naras PP) terdiri dari empat kereta penumpang dengan kapasitas hingga 636 penumpang.

Jika dibandingkan dengan mobil pribadi berkapasitas tujuh orang atau motor berkapasitas dua orang, maka satu perjalanan kereta api dapat menggantikan 91 mobil atau 318 motor.

Pada upacara HUT KAI ini, KAI Divre II Sumbar juga menyerahkan bantuan CSR kepada Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup Kota Pariaman berupa dua kontainer sampah senilai Rp24,5 juta, serta renovasi rumah pekerja yang terdampak banjir bandang di Tanah Datar senilai Rp15,3 juta.

Dalam momen HUT KAI ini, jajaran manajemen KAI Divre II Sumatera Barat juga menyapa langsung pelanggan di Stasiun Padang, serta membagikan suvenir kepada pelanggan yang menunggu keberangkatan KA.

Pada rangkaian HUT ke-79 KAI ini, telah dilaksanakan sebelumnya beragam kegiatan untuk menyemarakkan hari jadi perusahaan.

Di antaranya donor darah, pertandingan olahraga yakni badminton, tenis meja, futsal, esport, fun games yakni tarik tambang, estafet pukul paku, estafet balon, giring bola dengan corong air, gebuk guling serta family gathering. (rdr-aidil)

Exit mobile version