Musliar Kasim Serahkan Penghargaan Tokoh Anak Inspiratif Sumbar 2024, Thayyibal Syafiq Kembali Menjabat!

Penghargaan Tokoh Anak Inspiratif Tahun 2024 ini diserahkan langsung oleh mantan Wamendikbud Republik Indonesia 2011-2014 yang juga Rektor Universitas Baiturrahmah Padang, Prof. Dr. Ir. H. Musliar Kasim.

Thayyibal Syafiq kembali jadi tokoh anak inspiratif Sumbar tahun 2024. (dok. istimewa)

Thayyibal Syafiq kembali jadi tokoh anak inspiratif Sumbar tahun 2024. (dok. istimewa)

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Rapat Paripurna Peringatan Hari Jadi Sumatera Barat yang Ke-79, Thayyibal Syafiq kembali mendapatkan amanah sebagai ‘Tokoh Anak Inspiratif Sumatera Barat’.

Penghargaan Tokoh Anak Inspiratif Tahun 2024 ini diserahkan langsung oleh mantan Wamendikbud Republik Indonesia 2011-2014 yang juga Rektor Universitas Baiturrahmah Padang, Prof. Dr. Ir. H. Musliar Kasim.

Penghargaan itu diberikan langsung di Kantor DPRD Provinsi Sumatera Barat bertepatan dengan memperingati Hari Jadi Sumatera Barat Ke-79.

Penyerahan Penghargaan oleh Musliar Kasim itu didampingi oleh Plt. Gubernur Sumatera Barat Audy Joinaldy dan Ketua Sementara DPRD Provinsi Sumatera Barat Irsyad Syafar pada momentum Rapat Paripurna peringatan Hari Jadi Sumatera Barat ke-79 Tahun 2024 bertempat di Kantor DPRD Sumatera Barat.

Sebelumnya, Thayyibal Syafiq juga merupakan Tokoh Anak Inspiratif Sumatera Barat Tahun 2023-2024 dan pada momentum ini, Thayyibal Syafiq kembali mengemban amanah sebagai Tokoh Anak Inspiratif Sumatera Barat Tahun 2024-2025.

Dalam rekam jejak Satu Tahun belakangan ini ia tampak aktif dalam memperjuangkan hak-hak anak dan juga berinisiatif tinggi atas dasar kemanusian untuk berkontribusi di bidang sosial dan hak anak.

Thayyibal Syafiq juga pernah menjabat sebagai Wali Kota Cilik Padang Tahun 2022-2023. Dia merupakan kelahiran 2008, pada saat ini masih duduk di bangku kelas 1 MA Perguruan Islam Ar Risalah Padang.

Putra kedua dari Arfa Aryanto.R dan Deliati ini sudah aktif di berbagai kegiatan sosial kemanusian dan edukasi anak, baik di dunia nyata maupun dunia digital sejak ia masih duduk di bangku 2 SMP.

Tak hanya itu, ia juga fokus pada upaya pemenuhan hak-hak anak seperti hak atas pendidikan dan perlindungan kekerasan.

Syafiq sendiri sudah turun ke lapangan dan berkontribusi langsung sejak kelas 2 SMP hanya dengan inisiatif dan kemauan dirinya sendiri.

Kehidupannya yang berasrama tidak menghambatnya untuk berkreatifitas dan berkegiatan sosial kemanusiaan. Pemerintah memberi apresiasi atas dedikasi dan semangatnya untuk berkontribusi dalam pemenuhan hak anak.

Keseriusan dan semangat Thayyibal Syafiq untuk mewujudkan Indonesia Emas membuatnya meraih penghargaan sebagai Tokoh Anak Inspiratif Sumatera Barat Tahun 2024.

Pada program mewujudkan Sumatera Barat Peduli Literasi yang ia rancang atas inisiatif nya sendiri, Syafiq mampu merealisasikan program berbagi buku ke rumah baca yang ada di Sumatera Barat, hingga Rumah Baca Islami dan Rumah Tahfidz Al-Zikra Muara Labuh, Kabupatean Solok Selatan.

Syafiq juga aktif diberbagai organisasi kepemudaan di Kota Padang maupun Provinsi Sumatera Barat. Dia juga mempunyai tekad yang sangat tinggi untuk terus mengabdi di tanah kelahirannya. Dia terus berjuang pada bidang pemenuhan hak anak.

Thayyibal Syafiq menyampaikan rasa syukurnya dan ucapan terima kasih kepada pemerintah Provinsi Sumbar yang telah memberikan penghargaan sebagai Tokoh Anak Inspiratif Sumatera Barat 2024.

“Alhamdulillah pada tahun ini, Syafiq kembali diamanahkan sebagai Tokoh Anak Inspiratif Sumatera Barat Tahun 2024.”

“Kita akan terus berupaya bersama sama berkolaborasi dengan pemerintah daerah dan juga segala pihak manapun untuk memberikan yang terbaik bagi pendidikan dan perlindungan anak di Sumatera Barat.”

“Insya Allah. Syafiq akan lanjutkan program-program yang sudah di rencanakan sejak tahun 2023, semoga dapat terealisasikan pada tahun ini dan didukung oleh pemerintah daerah.”

“Ini merupakan tahun kedua Syafiq mengemban amanah, semoga semua kegiatan positif yang kita realisasikan untuk Generasi Muda berjalan dengan lancar dan di beri keberkahan,” ujarnya. (rdr)

Exit mobile version