88 Orang Daftar jadi Bakal Calon Kepala Daerah di Sumbar dari Gerindra

Pada prinsipnya, Partai Gerindra berkomitmen ingin menjadi pemenang di Pilkada 2024 Sumbar.

Konferensi pers perkembangan penjaringan dan penyaringan bakal calon kepala daerah di DPD Partai Gerindra Sumbar pada Senin (3/6/2024) sore. (Foto: Dok. Istimewa)

Konferensi pers perkembangan penjaringan dan penyaringan bakal calon kepala daerah di DPD Partai Gerindra Sumbar pada Senin (3/6/2024) sore. (Foto: Dok. Istimewa)

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Sebanyak 88 orang dilaporkan mendaftar menjadi bakal calon kepala daerah di Sumatera Barat (Sumbar) dari Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak tahun 2024.

Rincinya, 84 orang mendaftar menjadi bakal calon Bupati-Wakil Bupati dan Wali Kota-Wakil Wali Kota yang tersebar pada 19 kabupaten dan kota di Sumbar. Sementara empat orang mendaftar menjadi calon Gubernur-Wakil Gubernur.

“Jumlah sebanyak itu lantaran Partai Gerindra membuka secara umum pendaftaran bakal calon kepala daerah, khususnya di Sumbar,” kata Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPD Partai Gerindra Sumbar, Hidayat dalam konferensi pers, Senin (3/6/2024) sore.

Hidayat mengatakan, dalam melakukan penyaringan terhadap bakal calon kepala daerah untuk tingkat kabupaten, kota hingga provinsi, pihaknya melibatkan 10 asesor yang berasal dari berbagai latar belakang.

“Dengan adanya asesor, kami memiliki preferensi untuk menentukan siapa calon yang akan kami pilih serta layak kami pilih,” katanya.

Sementara itu, Ketua Tim Penjaringan dan Penyaringan bakal calon kepala daerah Kabupaten, Kota dan Provinsi DPD Gerindra Sumbar, Evi Yandri Rajo Budiman mengatakan, pemilihan kepala daerah dari Gerindra harus selaras dengan Presiden Indonesia terpilih, Prabowo Subianto.

“Seleksi ini dilakukan dengan melibatkan tokoh terbaik, dengan dilakukan secara terbuka, Gerindra bisa memahami, kapasitas, dan komitmen bila calon kepala daerah itu diberi mandat. Catatan ini kami peroleh dari asesor, secara politis kami menunggu arahan dari DPP,” katanya.

Pada prinsipnya, kata Evi, Partai Gerindra berkomitmen ingin menjadi pemenang di Pilkada 2024 Sumbar. “Ada variabel di luar kapasitas, integritas, dan komitmen yang menjadi pertimbangan partai,” katanya.

Pada kesempatan yang sama, salah satu tim asesor, Feri Arlius mengatakan, pihaknya tidak memposisikan diri sebagai penguji.

“Melainkan lebih diskusi, rencana, program prioritas, visi-misi calon kepala daerah. Kami menilai, memberikan diskusi dari berbagai bidang masing-masing, secara kemampuan kami melihat visi-misi dari para calon, sehingga mendapatkan manfaat. Kami memberikan saran, arahan, sehingga calon pemimpin ke depan menguasai permasalahan yang ada, mempunyai solusi dari permasalahan tersebut,” tuturnya. (rdr)

Exit mobile version